Comscore Tracker
TECH

9 Daftar NFT Marketplace untuk Jual Beli Crypto Art

NFT marketplace menjadi "ladang" bagi kreator dan kolektor.

9 Daftar NFT Marketplace untuk Jual Beli Crypto ArtKarya Seni NFT dan koin kripto. (ShutterStock/Rafael Tomazi)

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Tren NFT atau Non-Fungible Token yang kian masif menumbuhkan banyak kreator baru dan kolektor NFT. Menurut Pymnts.com, total volume penjualan NFT hampir melampaui U$2,5 miliar dalam enam bulan terakhir tahun 2021. Adapun total volume penjualan NFT mencapai U$13,7 juta pada tahun 2020.

Lonjakan luar biasa terhadap minat NFT diawali dari kehebohan CEO Twitter, Jack Dorsey, yang menjual cuitan pertamanya dalam bentuk NFT ke publik. Tak hanya itu, sebuah karya seni digital bernama `Everydays - The First 5000 Days` karya seniman Amerika Mike “Beeple” Winkelmann terjual dengan harga US$ 70 juta atau sekitar Rp980 miliar (kurs Rp 14.000) di rumah lelang Christie.

Hal ini mendorong masyarakat untuk memahami lebih jauh mengenai apa itu NFT hingga bagaimana cara menjual sebuah karya dalam bentuk NFT, khususnya bagi para pelaku industri kreatif. Tingginya perkembangan NFT ini juga tidak lepas dari keberadaan marketplace atau tempat jual beli NFT.

Sebagian besar NFT dibuat atau dicetak dan disimpan berdasarkan smart contract dari blockchain Ethereum, jadi di platform NFT teratas, pembelian dilakukan dengan Ether (ETH), mata uang asli dari jaringan Ethereum. Namun,  Anda dapat mengonversi ETH menjadi mata uang fiat seperti dolar AS atau euro di bursa mata uang kripto seperti Binance, Coinbase, Kraken, dan Gemini.

Dalam penjualannya, NFT sangat digemari karena masih belum ada aturan yang mengikat mengenai bentuk apa saja yang dapat dijadikan token dan diubah ke dalam bentuk NFT. 

Anda pun bisa mulai membuat NFT dan menjual karya dalam berbagai bentuk, mulai seni digital, lagu, meme, hingga cuitan Twitter. Selain itu, NFT juga dapat menjadi pilihan dalam mengadakan charity melalui lelang karya lewat marketplace NFT.

Berikut ini daftar NFT marketplace terbaik yang Fortune Indonesia rangkum untuk Anda.

1. OpenSea

OpenSea  adalah pasar pertama yang diluncurkan di jaringan blockchain Ethereum. Ini adalah pasar terbesar yang terdiri dari banyak aset digital.

Perkiraan jumlah aset di OpenSea hampir 4 juta, dan mendukung standar ERC-721 dan ERC-1155 untuk memenuhi persyaratan pecinta NFT.

Kategorinya luas, dan mencakup karya seni, musik, foto, video, olahraga, nama domain, koleksi digital, aset dalam game, dan lain sebagainya. Ini dianggap sebagai perubahan dramatis dalam cara audiens berkomunikasi dengan dunia digital.

2. Rarible

Ini adalah pasar NFT peer-to-peer (P2P) terdesentralisasi yang memberi pengguna pengalaman perdagangan NFT yang mulus. Antarmuka Rarible dirancang dengan cermat untuk membuat pengguna terlibat dengan platform. Suasana yang menyenangkan memberikan tampilan yang cepat, dan santai bagi para pecinta NFT.

Marketplace juga menampilkan penjual teratas hari ini, dan prospek NFT berbayar lainnya di bagian atas untuk memudahkan pembeli membeli NFT yang diinginkan.

Mencetak NFT di platform Rarible sangat mudah, tetapi mereka mengenakan biaya pencetakan, dan karena ini adalah pasar NFT berbasis Ethereum, biaya gas pada hari yang sibuk mungkin menjadi tinggi.

Di sisi lain, ini adalah platform terbaik di kelasnya untuk mendapatkan royalti tinggi, bahkan hingga 30 persen.

3. Foundation

Foundation adalah pasar P2P luar biasa yang beroperasi secara eksklusif untuk karya seni dan pencipta seni digital. Artis harus membuat profil dan menerapkannya ke Komunitas Upvote mereka. Berdasarkan suara komunitas, aplikasi akan diverifikasi. Ini berjalan dengan tujuan memberikan kekuatan ke tangan pencipta. 

Basis pengguna platform sangat meningkat, dan memiliki volume moneter yang baik. Antarmuka pengguna pasar berwarna hitam, jernih, futuristik, dan profesional.

Ekonomi kreatif baru ini adalah salah satu pasar yang menyatukan koleksi, pencipta digital, dan pengagum NFT.

Platform berbasis komunitas, ini membantu seniman untuk memasukkan seni digital mereka ke dalam NFT dengan mudah dan membuat mereka menuai keuntungan yang luar biasa.

4. SuperRare

SuperRare adalah platform untuk perdagangan NFT yang didirikan pada 2017, yang dibangun di atas blockchain Ethereum yang memungkinkan pengguna untuk melacak sejarah lengkap seni.

Ini adalah platform di mana seniman dapat menampilkan karya eksklusif mereka tanpa takut dipalsukan. Artis dapat menggunakan realitas virtual dan fitur interaktif lainnya untuk menyesuaikan profil mereka dan menampilkan NFT mereka kepada pembeli.

Platform ini punmemungkinkan pembuat konten untuk membagikan cuplikan karya seni mereka daripada karya lengkapnya.

Selain itu, pembuat konten memiliki keuntungan mendapatkan bagian tertentu pada setiap penjualan kembali menggunakan kode unik yang disebut kontrak pintar. Dengan cara ini artis berhak mendapatkan jumlah yang dijamin bahkan setelah menghilangkan hak kepemilikannya.

Dalam SuperRare juga terdapat fitur lain, seperti halaman seni, kalender pameran yang akan datang dan halaman editorial, harga jual, dan lelang terjadwal termasuk halaman testimonial dari seniman yang memberikan ke situs.

5. Nifty Gateway

Nifty Gateway diluncurkan pada tahun 2018. Ini menawarkan pengguna untuk berinvestasi dalam aset kripto, yang terkenal disebut ‘nifties’.

Nifty Gateway termasuk NFT marketplace kelas atas terpercaya dalam jual beli crypto arts. Salah satu alasan di balik tingginya popularitas Nifty Gateway adalah kolaborasi yang dilakukan bersama dengan pembuat konten, brand besar, atlet, dan artis papan atas.

NiftyGateway juga terkenal memiliki seni yang sangat indah oleh seniman terkenal, seperti Kenny Scharf, Jon Burgerman, Trevor Jones, dan Cey Adams. Faktanya, kemitraan ini menghadirkan karya unik eksklusif bagi kolektor dan peminat NFT art.

Transaksi di NiftGateway difasilitasi melalui kartu kredit. Ini semudah membeli pakaian atau barang lain dengan kartu kredit. Setelah membeli nifties, pengguna dapat memutuskan di mana menyimpannya, baik di dompet Metamask mereka atau di akun Nifty Gateway. 

Platform ini juga populer untuk pembelian di game kripto, seperti Crypto-kitties dan Gods Unchained.

6. NBA Top Shots

NBA Top Shot adalah platform yang memungkinkan penggemar liga bola basket utama Amerika untuk membeli, mengumpulkan, dan memperdagangkan "momen" digital dalam bentuk paket edisi terbatas, dengan harga berkisar dari US$ 9 hingga US$ 499. 

Di platform ini, pengguna dapat membeli sorotan NBA khusus mereka dan dapat memilikinya sebagai koleksi digital selama sisa hidup mereka. NFT memberikan sertifikasi yang memberi pembeli keaslian dan hak kepemilikan atas momen eksklusif itu.

Sejak diluncurkan pada tahun 2021, penjualan momen spesial meningkat drastis. Karena tren di Twitter, momen ditukar dengan jutaan dolar, video kontroversial LeBron berhasil terjual dengan harga US$ 208 ribu.

"Momen" dijual dalam bentuk paket termasuk sorotan video, statistik pemain, dan skor. Penggemar dapat memamerkan koleksi mereka, mengikuti tim favorit mereka, dan memperdagangkan atau menukar aset yang dilindungi oleh perusahaan blockchain Flow DapperLabs.

7. Mintable

Mintable adalah pasar yang membuat jual beli NFT semudah membeli dan menjual barang di eBay. Mintable didukung oleh protokol Ethereum dan Zilliqa, dan MetaMask adalah dompet default untuk semua transaksi.

Mintable juga dikenal karena dengan opsi minting NFT “tanpa gas”, dan fitur ini membuatnya unik di antara orang banyak.

Pasar memiliki tiga jenis lelang yang berbeda, Lelang Berwaktu, Lelang Beli Sekarang, dan Lelang Tradisional. Kolektor dapat membeli barang atau produk digital yang terdaftar secara langsung atau menawar di lelang, dan pemenang akan diberitahukan atau diinformasikan melalui email.

Menjadi platform berbasis Ethereum, ia hanya menerima pembayaran dalam ETH dan  memfasilitasi royalti 5 persen untuk pencipta pada semua penjualan sekunder.

Kolektor dapat membeli barang atau produk digital yang terdaftar secara langsung atau menawar di lelang, dan pemenang akan diberitahukan atau diinformasikan melalui email.

8. Hic Et Nunc

Hic Et Nunc, atau yang juga sering kali disebut dengan Hicetnunc, juga termasuk marketplace NFT yang populer dan cukup sering digunakan oleh sejumlah seniman di Indonesia. 

NFT marketplace Hic Et Nunc (HEN) adalah platform smart contract terdesentralisasi, di mana pengguna dapat membeli, menjual, atau mencetak karya seni dan aset digital lainnya sebagai NFT. Platform ini menggunakan blockchain Tezos untuk mencetak dan memperdagangkan NFT.

Pada Mei 2021 HEN adalah NFT marketplace dengan pertumbuhan tercepat untuk mencetak dan memperdagangkan NFT art. Hal tersebut didukung oleh komunitas seniman yang saling mendukung dengan membeli, menjual, dan mempromosikan hasil karya seni satu sama lain.

9. TokoMall

Selain lewat marketplace NFT di atas, para kreator di Indonesia sudah dapat menjual karya miliknya di marketplace dalam negeri, yaitu TokoMall.  Produk marketplace NFT dari Tokocrypto ini tersedia untuk umum lewat situs mall.tokoscape.com mulai pertengahan Agustus 2021. 

TokoMall dibentuk sebagai wadah bagi para kreator berbakat agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Menariknya, platform ini mengunci harga NFT dalam Rupiah untuk menghindari fluktuasi harga.

Selain itu,TokoMall menghadirkan konsep digital meets reality. Ada NFT yang bisa diklaim barang fisiknya, seperti dari brand NeverTooLavish untuk project jaket mereka.

Related Topics

Related Articles