TECH

Apa Itu Instagram Gifts? Peluang Cuan Buat Content Creator

Instagram Gifts jadi peluang cuan bagi kreator.

Apa Itu Instagram Gifts? Peluang Cuan Buat Content CreatorIlustrasi Instagram. (Shutterstock/Ink Drop)
26 September 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Konten kreator kini memiliki banyak alternatif untuk mendulang cuan, salah satunya Instagram Gifts.  Instagram kini membuka peluang bagi pembuat konten untuk menjadikan platform ini sebagai mata pencahariannya.

Instagram memperkenalkan fitur Gifts sebagai apresiasi para content creator. Apa itu Instagram Gifts? Merangkum IDN Times, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Sejak kapan ada Instagram Gifts?

Lewat cuitannya di Twitter pada Rabu, 8 Februari 2022, Head of Instagram, Adam Mosseri melalui akun @mosseri memperkenalkan fitur Instagram Gifts. Fitur ini merupakan hasil dari eksperimen sang anak perusahaan Meta pada November 2022 silam.

"Pada November, saya berbincang mengenai bagaimana kami mencoba berbagai cara untuk membantu para content creator mencari rezeki di Instagram. Salah satu cara tersebut adalah Gifts," tutur Mosseri.

Pada November 2022, Instagram kemudian menguji coba fitur Gifts yang disematkan di Reels. Untuk memberikan Gifts via Reels, para penggemar bisa membeli Stars dan menukarkannya sebagai hadiah untuk para content creator idola. Namun, tak semua bisa mencobanya karena fitur ini baru diluncurkan eksklusif di Amerika Serikat (AS).

Cara kerja Instagram Gifts

Meski baru diluncurkan secara resmi, Mosseri mengatakan bahwa cara kerja pengiriman Gifts di Instagram masih tetap serupa.

Cara memanfaatkan Instagram Gifts

  • Buka Reels content creator idola,
  • Di sebelah kiri layar (di atas ID content creator), akan ditemukan tulisan "Send Gift". Ketuk opsi tersebut.
  • Akan muncul pilihan Gift dan jumlah Stars yang dimiliki. Pilih yang masih dalam jangkauan Stars.

Pilihan Gifts meliputi 10 hingga 300 Stars. Nah, Stars ini adalah mata uang digital Instagram yang bisa dibeli di platform tersebut. Berdasarkan tangkapan layar Instagram, pilihan uang Stars yang bisa dibeli adalah (harga bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti perubahan nilai mata uang);

  • 45 Stars: US$0,99 (Rp15 ribu)
  • 140 Stars: US$2,99 (Rp44 ribu)
  • 300 Stars: US$5,99 (Rp89 ribu)

Perlu diingat bahwa nominal uang yang diberikan di fitur Instagram Gifts memang belum sebesar yang ada di TikTok. Selain itu, jenis-jenis Gift yang disediakan pun masih belum bervariasi. Masih belum diketahui juga apakah nantinya Meta akan memberikan variasi gift lainnya dengan nominal yang lebih besar atau tidak.

Related Topics