Comscore Tracker
TECH

Rilis Super-App, AirAsia Resmi Hadirkan Layanan Taksi Online di RI

Layanan AirAsia ride hailing mulai mengaspal di Bali.

Rilis Super-App, AirAsia Resmi Hadirkan Layanan Taksi Online di RIPeresmian airasia Super App Indonesia yang berlangsung di Bali. Dok/AirAsia.

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – AirAsia resmi menghadirkan AirAsia Super-App untuk pertama kalinya di pasar Indonesia, sekaligus meluncurkan secara perdana layanan taksi online di Bali. Langkah maskapai penerbangan tersebut merupakan bagian dari upaya menyempurnakan ekspansi di kawasan Asia Tenggara.

AirAsia Super App mengumumkan kehadirannya melalui peresmian yang berlangsung di Bali, Rabu (2/11). Acara itu turut dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I Gde Wayan Samsi Gunarta, Chief Commercial Officer airasia Super App, Tan Mai Yin, dan Chief Executive Officer airasia Super App, Amanda Woo yang bergabung secara virtual.

“Kami sangat antusias atas peresmian airasia Super App di sini, sebagaimana Indonesia memiliki potensi pertumbuhan yang sangat kuat. Hal ini mungkin terkesan menjadi tantangan besar bagi kami untuk dapat menembus para kompetitor super app lokal yang telah didominasi oleh sejumlah pemain utama,” kata Amanda.

Sebelumnya, airasia Super App yang merupakan lini bisnis digital milik Capital A (dahulu dikenal dengan AirAsia Group) telah diluncurkan di Malaysia pada Oktober 2020, disusul Thailand serta Filipina pada Februari dan April tahun ini.

Bali sebagai fokus pasar

Ilustrasi aplikasi AirAsia

Amanda menyatakan AirAsia bersemangat untuk mengawali perjalanan Super App di Indonesia di Bali kalau pulau tersebut merupakan lokasi yang tepat untuk mendorong pertumbuhan perusahaan dengan menyasar populasi lebih dari empat juta orang.

Terlebih, Bali merupakan bagian dari tujuan wisata favorit dunia.

“Kami adalah aplikasi untuk segala kebutuhan harian bagi semua orang, dan setiap kedatangan di pulau Bali merupakan pengguna potensial airasia Super App,” ujarnya.

AirAsia optimistis bahwa aplikasi supernya dapat memberikan nilai kepada para pengguna, terlebih dengan kenyamanan, kualitas, juga keterjangkauan produk serta layanan yang telah dimiliki dan layanan yang bakal segera hadir pada masa mendatang.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi Bali, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada Januari-September 2022 mencapai 1,19 juta. Peningkatan itu cukup drastis karena pada 2021 tingkat kunjungan wisman ke Bali hanya 43. Pada 2020 dan 2019, tingkat kunjungan wisman ke wilayah sama masing-masing mencapai 1,07 juta dan 6,28 juta kunjungan.

Keunggulan aplikasi super

Menurut Amanda, aplikasi supernya memiiki pendekatan khusus dan unik untuk penetrasi pasar Indonesia. Dia mengeklaim tidak ada super app lain yang benar-benar dapat menyatakan diri sebagai travel app, apalagi mampu memberikan pengalaman praktis kepada penggunanya dengan menggabungkan segmen perjalanan dan gaya hidup dalam satu platform.

“Kami adalah satu-satunya travel super app yang memiliki maskapai sendiri. Kekuatan ini memungkinkan kami untuk mengoptimalkan database pengguna yang luas dan memperkuat segmen travel," katanya.

Dengan platform Online Travel Agent (OTA) yang terintegrasi, pengguna airasia Super App dapat melakukan pemesanan tiket pesawat dengan lebih dari 700 maskapai global dan memiliki pilihan akomodasi pada lebih dari 700.000 inventori hotel seluruh dunia.

Selain itu, pengguna juga bisa menikmati layanan lain, seperti berbelanja produk duty-free melalui airasia travelmall, dengan opsi pengiriman ke alamat rumah, airport pick-up yang saat ini tersedia di bandara Soekarno Hatta Cengkareng Terminal 3, ataupun di dalam penerbangan AirAsia (in-flight delivery).

Airasia Super App juga menghadirkan layanan pesan-antar makanan online, airasia food yang saat ini tersedia di wilayah Jakarta dan Tangerang Raya.

Related Articles