Comscore Tracker
TECH

Apa Itu Browser? Perbedaannya dengan SERP, Contoh, dan Cara Kerjanya

Aplikasi untuk akses ke internet.

Apa Itu Browser? Perbedaannya dengan SERP, Contoh, dan Cara Kerjanyailustrasi browser (unsplash.com/Denny Müller)

by Surti Risanti

Bagi Anda yang masih bingung apa itu browser, artikel ini bisa membantu menjawab pertanyaan tersebut. Mungkin isitilah ini sudah tidak asing lagi Anda dengar bagi pengguna internet.

Browser adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk berselancar di internet atau membuka sebuah website.

Untuk lebih jelasnya, di artikel ini akan dibahas pengertian menyeluruh mengenai browser, contoh, dan cara kerjanya. Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu browser?

Google Chrome

Browser adalah sebuah software yang digunakan untuk membuka sebuah halaman website di internet. 

Perkembangan zaman dan teknologi membuat semua orang menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam pekerjaan maupun pendidikan.

Agar Anda bisa mengakses konten di internet, Anda membutuhkan browser sebagai medianya.

Dengan kata lain, browser merupakan sebuah software yang memiliki fungsi sebagai penerima, pengakses, serta penyaji informasi yang ada di internet.

Web browser menyediakan berbagai konten, seperti gambar, video, audio, dan halaman web. Di sini, seluruh konten tersebut terhubung menggunakan hyperlink dan diklasifikasi dengan URL.

Browser pertama kali ditemukan oleh Tim Bernes-LEE pada tahun 1990 dengan nama WorldWideWeb, yang kemudian berubah nama menjadi Nexus. Sedangkan browser grafis pertama kali ditemukan oleh NSCA Mosaic.

Perbedaan browser dengan search engine

Google

Search engine dan browser memang bisa mengakses konten di internet. Akan tetapi, keduanya memiliki beberapa perbedaan, di antaranya:

  • Pengguna tidak bisa membuka halaman search engine tanpa melalui browser. Dengan kata lain, search engine adalah objek internet yang bisa diakses dengan browser.
  • Browser adalah aplikasi yang terinstall pada perangkat. Search engine merupakan sebuah program di internet.
  • Browser digunakan untuk membuka halaman website dengan format berbentuk www. Sedangkan, search engine menampilkan sejumlah website berdasarkan kata kunci yang dicari.

Macam-macam browser

DNS adalah sistem yang membantu penggunanya untuk melakukan browsing.

Dibawah ini adalah macam-macam browser yang sering digunakan oleh pengguna di internet, antara lain:

1. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalah jenis browser yang banyak digunakan. Browser ini memiliki tingkat pengamanan yang sangat ampuh. Sebanyak 1 dari 6 jumlah pengguna internet menggunakan Mozilla untuk akses ke internet.

2. Google Chrome

Google Chrome adalah browser yang hampir digunakan oleh seluruh dunia, khususnya negara-negara Asia, Amerika, dan Eropa.

3. Opera Mini

Opera Mini adalah salah satu browser yang sempat populer juga di Indonesia. Kebanyakan pengguna menggunakan aplikasi ini pada ponsel mereka.

4. Internet Explorer

Pada tahun 2002–2003, Internet explorer sangat booming dan hampir digunakan 95 persen pengguna internet di seluruh dunia.

5. UC Browser

Jenis browser lainnya adalah UC Browser. Keunggulan dari aplikasi ini karena mampu mengecilkan data browsing yang membuat data lebih hemat saat mengaksesnya, sedangkan aplikasi lain membutuhkan clear cache demi kelancaran berinternet.

Akan tetapi, desain dari aplikasi ini kurang menarik, sehingga banyak pengguna yang menjadi bosan menggunakannya.

5. Safari

Safari adalah browser buatan Apple Inc. Aplikasi ini dirilis pada tahun 2003 pada perangkat komputer, dan dirilis untuk perangkat mobile di tahun 2007.

6. Microsoft Edge

Jenis browser lainnya dari Windows adalah Microsoft Edge. Terdapat beberapa fitur unggulan, yakni reading more, reading list, coding support, dan lainnya.

Cara kerja browser

Browser

Cara kerja browser untuk membantu Anda menemukan website yang sedang dicari di internet adalah sebagai berikut:

  1. Pengguna akan mengetik link sebuah situs pada address bar.
  2. Web browser akan menerima request yang masuk dan melakukan pengambilan data di DNS server. Adapun data yang diambil berbentuk IP dari link tersebut.
  3. Web browser mengakses IP yang telah didapatkan.
  4. Server akan memberikan data dari request tersebut dalam bentuk HTML dan file lainnya.
  5. Web browser akan menampilkan halaman konten yang dimaksud.

Setelah membaca artikel ini, Anda pun memahami apa itu browser, contoh browser, dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat.

Related Articles