Comscore Tracker
TECH

Teknologi Hologram Adalah: Manfaat, Kelebihan, Kekurangannya

Digunakan untuk pengaman uang kertas, loh!

Teknologi Hologram Adalah: Manfaat, Kelebihan, Kekurangannyailustrasi hologram (pinterest.com/Stocksy United)

by Surti Risanti

Mungkin Anda sering menonton film yang menampilkan proyeksi benda yang timbul ke atas dan bisa dilihat secara 3D (tiga dimensi). Biasanya, hal tersebut berwujud cahaya yang bisa menggambarkan objek tertentu. Itulah yang merupakan hologram. 

Hologram adalah sebuah teknologi yang menampilkan suatu benda dengan menggunakan perpaduan dua sinar cahaya yang saling koheren. 

Mungkin Anda sudah familiar dengan hal tersebut, tetapi sebenarnya apa itu hologram? Berikut penjelasan lebih lengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Pengertian hologram

ilustrasi hologram dibidang seni

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hologram adalah sebuah gambar dengan bentuk 3D atau tiga dimensi yang memberi kesan seolah gambar tersebut keluar dari sebuah media datar. 

Hologram sendiri adalah teknologi fotografi yang digunakan untuk merekam cahaya yang dapat menampilkan gambar dalam bentuk 3D.

Teknologi canggih ini biasanya bisa bergerak, berputar 360 derajat, serta bisa diisi suara. Ini merupakan suatu inovasi di dunia teknologi fotografi. Cara kerjanya cukup rumit dan tidak sesederhana fotografi pada umumnya.

Hal tersebut disebabkan hologram menggunakan difraksi gelombang dan prinsip intervensi dalam menggunakannya. Hal ini lah yang membuat hasil gambar yang dihasilkan memiliki karakteristik yang berbeda.

Manfaat hologram

ilusrasi hologram

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa hologram memiliki manfaat dalam beberapa bidang. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Keamanan

Hologram digunakan untuk tujuan keamanan. Hal ini dikarenakan teknologi sulit untuk ditembus dan dibutuhkan teknologi yang tinggi pada proses pembuatannya. Contoh penggunaan hologram dapat Anda temui pada uang kertas. Hologram uang kertas bertujuan untuk mencegah tindakan pemalsuan.

Penyimpanan data

Selain digunakan untuk merekam gambar, hologram juga bermanfaat untuk menyimpan data. Adapun dibutuhkan teknik di kadar densitas tinggi ke kristal atau fotopolimer untuk gudang penyimpanan datanya.

Seni

Teknologi ini berperan penting untuk mengekspresikan seni. Terdapat sebuah studio seni holografi yang bernama San Francisco School of Holography. 

Handphone

Sebuah teknologi holographic black hole mobile phone design menggunakan hologram dalam pembuatannya dengan mengusung teknologi multi-touch.

Pelayanan di bandara

Bandara Luton dan Manchester menggunakan teknologi holografi ini untuk mengganti karyawan manusia dalam beberapa aspek. Akan tetapi, masih perlu pengembangan lebih lanjut karena hologram hanya dapat memberikan informasi yang telah direkam saja.

Kelebihan dan kekurangan hologram

ilustrasi hologram

Berbagai inovasi yang telah diciptakan, tentu tak terlepas dari kelebihan dan kekurangan antara lain:

Kelebihan

Hologram memiliki berbagai kelebihan, di antaranya sebagai berikut:

  • Komunikasi jarak jauh lebih hidup dan lebih menarik menggunakan 3D
  • Membantu melakukan komunikasi tanpa batas dan dapat diatasi dengan mudah bila terdapat kendala
  • Membantu media elektronik dalam hal menyampaikan informasi.

Kekurangan

Meski memiliki kelebihan, hologram memiliki beberapa kekurangan, di antaranya:

  • Memungkinkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan manipulasi dan tindak kejahatan lainnya.
  • Memicu orang-orang untuk mencuri data rahasia tanpa harus mendatangi tempat penyimpanan langsung.
  • Perilaku manusia akan malas karena telah dimanjakan teknologi.

Jenis-jenis hologram

ilustrasi hologram

Hologram dibedakan ke dalam beberapa jenis diantaranya sebagai berikut:

Daya rekayasa

Berdasarkan rekayasa, dibagi lagi kedalam dua jenis yaitu label dan seal/segel. Jenis hologram yang tidak akan rusak meski dicabut. Sedangkan, hologram seal/segel akan mudah rusak bila dicabut atau tidak disambung kembali.

Teknik pembuatan

Berdasarkan teknik pembuatannya, jenis hologram ini terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu 2D atau 3D, Dot Matrik, dan Combination.

Hologram adalah teknologi fotografi yang membuat tampilan gambar timbul seperti 3D. Selain itu, teknologi ini memiliki beragam manfaat diantaranya keamanan, seni, tempat penyimpanan data, dan lainnya.

Related Topics

Related Articles