Cara Menentukan Lokasi yang Strategis Untuk Membuka Bisnis

Konsep ramai saja tidak cukup untuk tentukan lokasi bisnis.

Cara Menentukan Lokasi yang Strategis Untuk Membuka Bisnis
ilustrasi bisnis franchise makanan (unsplash.com/Joana Godinho)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Lokasi bisnis merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Oleh sebab itu, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih lokasi usaha dan membuka bisnis. 

Menentukan lokasi yang paling strategis, Anda tak hanya bisa berpatokan pada intuisi,tapi juga perhitungan berdasarkan riset, pertimbangan cermat dan referensi dari berbagai sumber. Ramai saja tidak cukup untuk membuat sebuah lokasi layak dijadikan tempa bisnis untuk dirintis.

Mengutip rumah123.com, berikut sejumlah cara untuk menentukan lokasi strategis bagi bisnis yang dijalankan.

Tentukan lokasi sesuai target pasar

Menentukan tempat jualan yang strategis perlu diiringi pengetahuan tentang demografi konsumen yang menjadi target pasar. Pada dasarnya, terdapat tiga faktor penting dalam menentukan demografi konsumen, yaitu gender, usia, dan penghasilan.

Semakin mengetahui target bisnis yang dituju, maka semakin baik pula Anda menentukan lokasi yang strategis untuk usaha. Hal ini juga akan memengaruhi strategi pemasaran yang hendak dijalankan.

Lokasi yang ramai

Hal ini bisa dijadikan salah satu cara termudah untuk menentukan lokasi bisnis, karena semakin ramai sebuah wilayah, maka semakin besar pula peluang tempat tersebut akan mendatangkan keuntungan bagi bisnis Anda, karena konsumen potensial yang mungkin akan mendatangi Anda.

 Anda bisa melihat dari pengamatan banyaknya kendaraan yang lewat, termasuk arus orang yang berlalu-lalang. Selain itu, perhatikan juga kebiasaan masyarakat yang meramaikan, untuk memastikan bahwa ada aktivitas jual beli yang mereka lakukan, bukannya sekadar ramai saja.

Mudah dijangkau

Kemudahan akses menuju satu lokasi juga harus dijadikan pertimbangan. Lebar jalan, parkir, dan area yang bisa dicapai dengan berbagai transportasi umum, bisa jadi acuan pembukaan. 

Pilih lokasi dekat dengan kompetitor

Mendekati kompetitor sedikit banyak menguntungkan dari segi pemasaran. Dengan mendekatkan diri dekat dengan kompetitor, maka peluang bisnis Anda bisa ‘mencuri’ pelanggan kompetitor juga terbuka luas, memberikan pilihan bagi para pelanggan untuk memilih.

Selain itu, sedikit banyak Anda juga bisa lebih memonitor pergerakan kompetitor dalam berbisnis. Hal ini berkenaan dengan strategi yang mungkin diambil oleh lawan bisnis, sehingga memberikan Anda kesempatan untuk membangun cara mengatasinya.

Perhatikan lingkungan usaha di sekitar

Untuk setiap lokasi yang jadi kandidat tempat membuka usaha, Anda perlu memperhatikan berbagai tempat bisnis dan usaha yang ada di sekitar. Hal ini penting, karena bisa memengaruhi pandangan konsumen.

Sebagai contoh, Anda ingin membuka sebuah bisnis restoran, tapi lokasinya dekat dengan tempat pembuangan sampah, tentu hal ini kurang baik bagi para pelanggan yang akan berkunjung.

Demikianlah sejumlah cara menentukan lokasi bisnis yang strategis dan bisa menyukseskan bisnis yang dibangun. Semoga bermanfaat.

Related Topics

BisnisStrategis

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

3 Cara Mengubah Suara Menjadi Teks Untuk Kebutuhan Konten
Cara Melihat Pesan WA yang Terhapus, Tanpa Aplikasi Tambahan
Cara dan Sayarat Gadai Sertifikat Tanah di Pegadaian
Panduan Cara Ganti Kartu ATM BCA yang Hilang atau Rusak
Dalam sebulan, 69 Pinjol Diganjar Sanksi Oleh OJK
Ketahui Cara Pecah Sertifikat Tanah Warisan serta Biayanya