BUSINESS

5 Tips Mengembangkan Niche Market Saat Memulai Bisnis

Niche market membantu Anda lebih fokus dalam target bisnis.

5 Tips Mengembangkan Niche Market Saat Memulai BisnisIlustrasi niche market. (Shutterstock/Jirsak)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

16 October 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Setiap pelaku bisnis pasti memiliki target  pasarnya sendiri atas produk atau jasa yang ingin dipasarkan. Lalu bagaimana ketika pasar yang menjadi target Anda sangat spesifik atau yang biasa disebut niche market . Berikut adalah tips mengembangkannya. 

Mtarget.co menuliskan bahwa niche market adalah segmentasi pasar tertentu yang menjadi target bisnis untuk menjual produk atau layanan. Niche market memiliki target yang lebih spesifik, sehingga akan membantu Anda dalam bisnis, untuk bersaing di pasar yang cukup ketat. Dengan mengetahui niche market, target pasar Anda akan lebih spesifik dan fokus menawarkan produk pada kalangan pelanggan tertentu.

Untuk menyasar pasar ini, Anda perlu mengidentifikasi kebutuhan target audiens potensial dan membantu perusahaan menghasilakn inovasi produk baru secara lebih terarah pada konsumen yang memang menjadi pasar utamanya.Hal ini juga membantu Anda untuk bisa berkomunikasi dengan target audiens dan meningkatkan keterlibatan mereka secara lebih tepat.

Dengan demikian, penentuan serta pengembangan niche market merupakan langkah yang krusial dalam bisnis. Dengan melansir dari superlive.id, berikut ini s sejumlah cara untuk menemukan niche market dan mengembangkannya.

1. Temukan passion dan minat Anda

Hal ini penting, karena strategi niche marketing memang harus berangkat dari ketertarikan Anda pada sesuatu.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan niat dan kemampuan yang dimiliki. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang bisa membantu Anda menemukan passion dan minat dalam pengembangan bisnis:

  1. Keterampilan apa yang muncul secara alami dalam diri Anda?
  2. Bagaimana cara Anda memecahkan masalah?
  3. Hal-hal apa yang Anda suka pelajari?
  4. Bagaimana Anda menghabiskan waktu luang lo?
  5. Apakah orang lain sering minta saran terkait hal-hal yang Anda sukai tersebut?

2. Cari tahu tentang masalah dan kebutuhan konsumen

Mengetahui masalah dan kebutuhan para konsumen bisa menggiring pemikiran Anda menuju niche market yang Anda butuhkan. Anda bisa melakukan riset pasar untuk menentukan perilaku pembelian dan persona pelangga.

Ada berbagai tools yang bisa dimanfaatkan, mulai dari yang gratis sampai berbayar. Tools ini akan membantu Anda dalam memberikan gambaran tentang value yang bakal Anda kembangkan dalam bisnis.