Adhi Karya Raup Kontrak Rp37,4 T Sepanjang 2023, Proyek Apa Terbesar?

Proyek prasarana perkeretaapian Filipina menyumbang terbesar

Adhi Karya Raup Kontrak Rp37,4 T Sepanjang 2023, Proyek Apa Terbesar?
Salah satu proyek ADHI. (Website ADHI)

Fortune Recap

  • Adhi Karya meraih kontrak baru senilai Rp37,4 triliun sepanjang 2023, naik 58 persen dari tahun lalu.
  • Kontrak baru Adhi Karya didominasi oleh engineering & construction (93 persen), diikuti manufaktur (3 persen) dan sisanya dari property & hospitality serta investasi.
  • Perolehan kontrak berasal dari beragam sumber dana, dengan kontribusi terbesar dari BUMN/BUMD (43,6 persen) dan pekerjaan jalan & jembatan (41 persen).
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Perusahaan BUMN Konstruksi, PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) meraup Kontrak Baru senilai Rp37,4 triliun sepanjang 2023. Angka ini naik 58 peren dibandingkan capaian tahun lalu, yang juga melampaui target kenaikan yang semula ditetapkan mencapai 15-20 persen. 

Perolehan kontrak baru Adhi Karya didominasi oleh lini bisnis engineering & construction sebesar 93 persen, manufaktur sebesar 3 persen,  sedangkan sisanya dari lini bisnis property & hospitality dan investasi. 

Tambahan kontrak baru Adhi Karya periode Desember 2023 bersumber dari Pekerjaan Jalan Tol Serang – Panimbang Seksi III di Provinsi Banten, Pekerjaan Pembangunan Gedung Data Center Bank Indonesia di Karawang, serta Proyek di IKN meliputi Jalan Tol IKN Seksi 3A-2 Segmen Karangjoang – Kariangau.

"Berikutnya, Rumah Sakit IKN dan Jaringan Pipa Limbah di Kawasan IKN, serta Pekerjaan Pembangunan RS Mandaya Royal Jakarta melalui anak usaha," kata Corporate Secretary Adhi Karya, Farid Budiyanto, Kamis (11/1). 

Sepanjang  tahun lalu, profil kontrak baru Adhi Karya diperoleh dari sumber pendanaan yang beragam. Berdasarkan segmentasi sumber dana, kontrak yang berasal dari BUMN/BUMD menyumbang sebagian besar kontrak atau sebesar 43,6 persen, diikuti Pemerintah 33,5 persen, loan 13,8 persen, dan swasta 9,1 persen. 

Sedangkan berdasarkan tipe pekerjaan, kontribusi terbesar berasal dari pekerjaan jalan & jembatan sebesar 41 persen  yang didominasi oleh proyek jalan tol antara lain: Proyek Tol
Jakarta-Cikampek Selatan, Tol Probolinggo-Banyuwangi, Tol IKN Paket 6, Tol IKN Seksi 3A-2 Ruas Karangjoang-Kariangau, dan Tol Bayung Lencir-Tempino.

Selain itu, tipe pekerjaan gedung sebesar 22 persen, prasarana perhubungan sebesar 16 persen, EPC 6 persen serta sisanya manufaktur dan lainnya.

Kontrak tertinggi

Pada 2023, kontrak baru tertinggi diraih Proyek Prasarana Perkeretaapian di Filipina (Paket South Commuter Railway CP S-03C dan Malolos-Clark Railway Project CP S-01) dengan total sesuai porsi ADHI sebesar Rp3,9 Triliun yang telah diteken pada Juli 2023 dengan disaksikan langsung oleh Presiden Filipina.

Kemudian,  Proyek Tol Jakarta-Cikampek Selatan sebesar Rp2,1 triliun, Proyek Pabrik PUSRI IIIB sebesar Rp 1,4 triliun serta proyekproyek sarana dan prasarana di IKN.

"Capaian ini menjadi modal Perseroan untuk meningkatkan kontribusi positif bagi pertumbuhan kinerja ADHI yang berkelanjutan dengan terus menerapkan operational excellence melalui memaksimalkan produktivitas pada proyek on hand dan disiplin cashflow pada penerapan skema pendanaan yang sesuai dengan profil proyek," kata Farid.

Pada tahun ini, perseroan akan memasang strategi lebih prudent dalam memilih proyek baru dengan fokus memperkuat pasar Engineering & Construction sesuai basis kompetensi inti Perseroan. Salah satunya dengan menyasar peluang proyek perkeretaapian sesuai pengalaman ADHI di Proyek LRT Jabodebek dan MRT yang sedang dikerjakan saat ini.

"Selain itu, Perseroan juga akan meningkatkan portofolio pangsa pasar baru khususnya proyek-proyek berbasis lingkungan," ujarnya. 

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
Cara Pinjam Uang dari BPJS Ketenagakerjaan serta Syaratnya
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Pengertian Google SGE, Fitur, dan Cara Mengaktifkannya
Stanchart Indonesia Tunjuk Rino Donosepoetro Sebagai Cluster CEO
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu