Comscore Tracker
BUSINESS

KADIN Indonesia Bentuk KIKT, Boy Thohir Ditunjuk Jadi Ketua

Boy Thohir prediksi kerjasama RI-Cina akan terus meningkat .

KADIN Indonesia Bentuk KIKT, Boy Thohir Ditunjuk Jadi KetuaBoy Thohir siap memimpin KIKT jajaki kerja sama Indonesia Cina. (dok. KIKT)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE - Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia  membentuk Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) untuk menarik lebih banyak investor asal Cina berinvestasi di Indonesia. Pengusaha Garibaldi Thohir atau Boy Thohir ditunjuk jadi ketuanya.

Boy Thohir mengatakan, KIKT akan bekerja sama dengan pemerintah untuk memastikan investor Cina dapat menjalankan bisnisnya dengan baik dan mendapatkan mitra terbaik di Indonesia. Pada akhirnya, hal ini diharapkan meningkatkan ekspor Indonesia ke Cina. “Sebagian besar investasi Cina di Indonesia sejalan dengan program prioritas pemerintah saat ini, yaitu pengembangan industri hilirisasi Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (25/7).

Boy memprediksi perdagangan Indonesia dan Cina akan terus meningkat. Berdasarkan data KADIN, nilai perdagangan kedua negara sudah mencapai hampir US$50 miliar pada periode Januari-Mei 2022. Angka ini mengalami kenaikan 27,5 persen dibandingkan periode yang sama pada 2021.

Boy harap hubungan Indonesia-Cina makin baik

KIKT dipimpin Garibaldi Thohir, dengan Wakil Ketua Alex Kusuma, Jona Widhagdo Putri, Sekretaris Anthony Akili.

Boy berharap, dengan kerja sama ini, hubungan Indonesia dan Cina yang sudah terjalin lebih dari 70 tahun akan semakin baik, terutama di sektor perekonomian. Hal ini dapat mendukung peningkatan ekonomi nasional, termasuk dalam melakukan berbagai transformasi ekonomi menjadikan Indonesia lebih maju.

“KIKT juga akan berusaha mempererat people to people diplomacy dengan Tiongkok, melalui kerja sama UMKM, seni budaya, entertainment, juga food diplomacy,” ujar Boy Thohir.

Rencana roadshow B20 KADIN

KADIN akan melakukan B20 Roadshow di Beijing, Tiongkok.

Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid, menambahkan bahwa KADIN juga akan mengadakan B20 Roadshow ke Beijing pada 25-27 Juli 2022. “Hal ini untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi dengan Tiongkok dan mengajak bisnis komunitas di Tiongkok untuk berpartisipasi dalam kegiatan acara Bisnis Forum B20,” ucapnya.

Arsjad mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung penuh KIKT untuk meningkatkan komitmen kerja sama kedua negara. Kadin juga siap memberikan bantuan yang diperlukan untuk kelancaran hubungan bilateral RI-Cina. "KADIN berharap ke depan, hubungan antara Indonesia dan China akan semakin baik serta saling menguatkan perekonomian satu sama lain demi pemulihan ekonomi global yang inklusif," ujarnya.

Kunjungan Presiden ke Beijing

Presiden didampingi Ibu Iriana Jokowi bertolak menuju Beijing, RRT, Senin (25/7).

Presiden Joko Widodo diketahui bertolak menuju Beijing pada Senin (25/7). Keberangkatan Presiden ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan luar negeri ke tiga negara Asia yang jadi mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi, yakni Cina, jepang, dan Korea Selatan.

“Ketiga negara tersebut juga merupakan mitra penting ASEAN dan mitra penting dalam konteks G20,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi seperti dikutip di laman Setkab, Senin (25/7). “Berbagai isu dari kerja sama perdagangan, investasi, kesehatan, infrastruktur, perikanan hingga isu kawasan dan dunia akan dibahas dengan para pemimpin ketiga negara tersebut.”

Related Topics

Related Articles