Comscore Tracker
BUSINESS

Memahami Apa Itu AD/ART dan Keberadaannya Dalam Perusahaan

Perusahaan bisa hilang arah bila tak punya AD/ART.

Memahami Apa Itu AD/ART dan Keberadaannya Dalam PerusahaanShutterstock/Pressmaster

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Salah satu dokumen penting yang perlu dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan adalah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

Melansir accurate.id, AD/ART adalah pedoman yang di dalamnya berisi peraturan untuk semua anggota dalam menjalankan suatu kegiatan. Peraturan yang tercantum di dalamnya mencakup ketentuan keanggotaan, hal teknis tentang mengelola organisasi dan juga bisnis, sampai berbagai hal yang berhubungan dengan pembubaran serta ketentuan khusus lainnya.

AD/ART dibuat oleh para pendiri perusahaan atau organisasi dan selanjutnya harus bisa disepakati dan mengikat seluruh anggota organisasi atau perusahaan tersebut. Oleh sebab itu, keberadaan dokumen ini penting karena menjadi acuan utama dan mendasar dalam menjalankan organisasi atau perusahaan.

Meski bersifat mengingat, namun AD/ART tak kaku. Perubahan bisa saja terjadi, bahkan perubahannya itu biasanya juga tercantum di dalam AD/ART tersebut. Oleh sebab itu, perubahan tentang kapan, siapa, dan seperti apa perubahan yang diizinkan, biasanya akan menyesuaikan kebijakan yang memang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi tersebut sejak awal.

Beda Anggaran Dasar dan Rumah Tangga

orang bertemu di kantor menulis memo. shutterstock/Indypendenz

Dari pengertian AD/ART, sebenarnya anggaran dasar dan anggaran rumah tangga adalah dua hal yang berbeda. Anggaran dasar adalah semua aturan umum dan utama, yang berkaitan dengan kehidupan organisasi yang akan mengatur hubungan organisasi dengan anggota di dalamnya agar bisa lebih tertib dalam menjalankan organisasi tersebut.

Sementara, Anggaran Rumah Tangga adalah penjelasan lebih detail terkait berbagai aturan yang terdapat di dalam anggaran dasar, seperti seperti berbagai hal yang berhubungan dengan keanggotaan organisasi, hak dan kewajiban dari setiap pengurus ataupun anggota, urusan administrasi organisasi, dan berbagai hal lainnya.

Tujuan

ilustrasi rapat umum pemegang saham

Seperti halnya perusahaan, AD/ART pun dibuat dengan tujuan tertentu yang berhubungan juga dengan keberadaan organisasi atau perusahaan. Apalagi, setiap perusahaan memiliki tujuan yang membutuhkan panduan dalam pelaksanaannya. Berikut ini adalah beberapa tujuan AD/ART dibuat:

  1. Mengatur mekanisme kerja dari organisasi.
  2. Menjelaskan mengenai tata kehidupan organisasi dan sudah diatur secara jelas dan baik.
  3. Menjadi pedoman utama untuk setiap anggota dan juga pengelola dalam menjalankan teknis organisasi, usaha, manajemen, serta finansial organisasi.
  4. Mewujudkan adanya ketertiban dalam menjalankan setiap kegiatan organisasi
  5. Dasar dalam membuat berbagai peraturan khusus lainnya yang sangat dibutuhkan dalam menjalankan organisasi.

Fungsi

ilustrasi perjanjian derivatif

Fungsi utama AD/ART adalah pedoman untuk semua anggota dalam membuat berbagai peraturan organisasi. Tidak hanya untuk urusan internal organisasi, tapi juga berlaku untuk berbagai kepentingan eksternal.

Peraturan internal organisasi adalah aturan yang terkait dengan hubungan antar pengurus dan anggotanya, antar sesama anggota, dan antar pengurus dengan pengelola organisasi. Sedangkan peraturan eksternal adalah aturan semua perjanjian yang dijalin dengan pihak ketiga dan berkaitan dengan modal organisasi tersebut, seperti kerja sama bisnis, perjanjian kredit, ataupun manajemen.

Isi AD/ART

kesepakatan bisnis dicapai jika ROI dinilai positif

Adapun mengenai isi AD/ART, tentu semua kembali kepada perihal yang dibutuhkan oleh sebuah organisasi atau perusahaan, sejak pertama didirikan. Karena sifatnya yang mengikat, maka AD/ART harus bisa disepakati oleh semua anggota dan pengurus organisasi maupun perusahaan. Namun demikian, berikut ini adalah isi AD/ART yang umumnya digunakan oleh organisasi atau perusahaan:

  • Daftar nama pendiri organisasi atau bisnis
  • Nama dan juga jabatan dari setiap pendiri organisasi
  • Tujuan dan maksud dari dibentuknya organisasi tersebut
  • Kegiatan usaha yang harus dijalankan oleh organisasi
  • Ketentuan terkait keanggotaan organisasi
  • Ketentuan terkait rapat anggota
  • Ketentuan terkait pengurus organisasi
  • Ketentuan terkait pengawasan organisasi
  • Ketentuan terkait pengelolaan organisasi
  • Ketentuan terkait permodalan untuk organisasi
  • Ketentuan terkait jangka waktu organisasi tersebut berdiri
  • Ketentuan terkait SHU atau Sisa Hasil Usaha
  • Ketentuan terkait sanksi untuk pelanggaran yang dilakukan oleh anggota organisasi
  • Ketentuan terkait pembubaran organisasi
  • Ketentuan terkait adanya perubahan Anggaran Dasar
  • Anggaran Rumah Tangga dan peraturan tertentu lainnya.

Itu tadi pembahasan singkat tentang apa itu AD/ART dan berbagai hal yang terkait. Dengan memahami AD/ART dan keberadaannya yang penting, maka diharapkan kita bisa membuat AD/ART yang mumpuni dalam perusahaan, atau bisa lebih menghormati dan mematuhi AD/ART di perusahaan atau organisasi tempat kita berada.

Related Topics

Related Articles