BUSINESS

Salurkan Pupuk Subsidi 2024, Pupuk Indonesia Gandeng 1.077 Distributor

Penyaluran pupuk subsidi harus sesuai aturan & tepat waktu.

Salurkan Pupuk Subsidi 2024, Pupuk Indonesia Gandeng 1.077 DistributorPupuk bersubsidi dari Pupuk Indonesia. (dok. Pupuk Indonesia)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

14 December 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – PT Pupuk Indonesia (Persero) menggandeng 1.077 Distributor untuk menyalurkan kebutuhan pupuk subsidi agar ltepat sasaran kepada para petani pada 2024.

Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia, Tri Wahyudi Saleh, berharap dengan sisa waktu 2 minggu menuju akhir tahun, distributor bisa memaksimalkan penyaluran. “Penyaluran ini diupayakan untuk tetap memperhatikan ketertiban administrasi dan kepatuhan terhadap aturan yang berlaku, khususnya menjaga agar penyaluran berjalan dengan baik dan tepat sasaran,” ujarnya dalam keterangan twrtulis dikutip Kamis (14/12).

Tri mengatakan, penetapan 1.077 distributor ini merupakan hasil dari evaluasi, verifikasi administrasi dan cek fisik ke lapangan sesuai Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 4 Tahun 2023.

Ada beberapa syarat tambahan dari Pupuk Indonesia kepada distributor, seperti aktif dalam kegiatan usaha perdagangan, sanggup dalam pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi, dan tidak memiliki permasalahan hukum.

Pencapaian

Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia, Tri Wahyudi Saleh.Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia, Tri Wahyudi Saleh. (dok. Pupuk Indonesia)

Hingga 30 November 2023, Pupuk Indonesia tercatat telah menyalurkan 5,71 juta ton pupuk atau sekitar 94 persen dari total alokasi sesuai anggaran Pemerintah, yang mencapai 6,05 juta ton.

Pupuk Indonesia mengimbau seluruh distributor dan jaringan kios pengecer untuk menyalurkan pupuk bersubsidi sesuai alokasi dan Harga Eceran Tertinggi (HET) dari Pemerintah.

Untuk tahun depan, Pupuk Indonesia bersiap meyalurkan alokasi pupuk bersubsidi tahun 2024 sesuai dengan kebijakan pemerintah dan berfokus pada ketepatan waktu untuk petani yang terdaftar di e-Alokasi.

“Kami harap para distributor dapat mendukung program pemerintah, khususnya percepatan tanam, dengan menyiapkan stok dan menyalurkan pupuk sesuai aturan,” katanya.

Proses distribusi

Pekerja mengangkat karung berisi pupuk di Gudang Pupuk Indonesia, Desa Purwahamba, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Selasa (21/11). ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah