Comscore Tracker
BUSINESS

Daily Box Raih Pendanaan Seri A dan Catat Pertumbuhan Positif

Dailybox berencana menambah gerai di Indonesia.

Daily Box Raih Pendanaan Seri A dan Catat Pertumbuhan PositifDidukung oleh para Celebrity Chef seperti Chef Juna Rorimpandey dan Chef Renatta Moeloek, Dailybox menciptakan ragam Kreasi Ricebox dengan Rasa Nusantara. (Dok. Dailybox)

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Dailybox, startup F&B on-demand, mengumumkan pendanaan seri A dengan nominal yang tidak disebutkan dari Vertex Ventures SEA beserta Kinesys Group. Pendanaan tersebut menunjukkan keberhasilan Dailybox meraih kepercayaan investor di tengah situasi tak menentu akibat pandemi Covid-19. 

“Kami sangat menghargai kepercayaan dan dukungan dari para investor yang senantiasa mendukung misi kami menghadirkan kekayaan cita rasa makanan nusantara dengan harga terjangkau ke seluruh Indonesia,” kata salah satu pendiri sekaligus CEO Dailybox, Kelvin Subowo, Kamis (22/7), dalam sebuah pernyataan.

Didukung Chef Juna dan Chef Renatta

Dailybox juga didukung Celebrity Chef ternama seperti Juna Rorimpandey dan Renatta Moeloek dalam menciptakan kreasi Ricebox Rasa Nusantara. Saat ini, Dailybox telah hadir di beberapa kota di Jawa, Sumatera Utara, dan Bali. Pada Agustus 2021, Dailybox berencana akan membuka gerai pertamanya di Pontianak, Kalimantan Barat.

"Ke depannya, kami berharap dapat menjadi brand F&B lokal terbesar yang dapat memperkenalkan masakan nusantara tidak hanya di Indonesia, tapi juga Asia Tenggara, dan bahkan seluruh dunia," kata Kelvin.

Catat pertumbuhan positif

Pada Maret 2021, pendapatan kotor Dailybox secara keseluruhan tumbuh hingga 700% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020.

Laporan Google Temasek, Bain & Company pada 2020 menyatakan Gross Merchandise Volume (GMV) industri layanan pesan antar makanan di Asia Tenggara diprediksi akan mencapai US$23 miliar pada 2025. Angka tersebut menunjukkan kuatnya tingkat pertumbuhan rata-rata per tahun pada industri layanan pesan antar makanan yang mencapai hampir 30%.

Selain pertumbuhan pendapatan kotor, Dailybox juga mengalami peningkatan jumlah gerai, yang dalam waktu kurang dari setahun telah tumbuh hingga 300%.

“Di tengah segala keterbatasan selama pandemi, kami terus berkomitmen memastikan para konsumen dapat tetap menikmati cita rasa nusantara yang kami hadirkan dalam beragam menu kami,” kata Kelvin. 

Selama pandemi, menurut Kevin, 80 persen omzet penjualan Dailybox berasal dari layanan pesan antar makanan secara daring. Itu sejalan dengan fokus utama bisnis perusahaan pada layanan pesan antar makanan. 

“Kami melihat Dailybox secara konsisten menunjukkan performa yang baik di industri F&B,” kata Senior Executive Director Vertex Ventures Asia Tenggara, Gary Khoeng.

Managing Partner Kinesys Group, Steven Vanada, memiliki sikap serupa. Dia menyatakan “senang dapat turut mendukung Dailybox mengembangkan misinya."

Related Articles