BUSINESS

East Ventures Suntik Startup Gim Edukasi SoLeLands

Dana digunakan untuk pengembangan platform.

East Ventures Suntik Startup Gim Edukasi SoLeLandsDok. SoLeLands

by Desy Yuliastuti

12 July 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  East Ventures memimpin pendanaan startup pembelajaran imersif berbasis gim SoLeLand. Dalam putaran ini investor lain juga berpartisipasi, yakni SMDV. Meskipun demikian, tak disebutkan berapa jumlah pendanaan tersebut,

Co-Founder dan Chief Executive Officer SoLeLands Jonathan Prathama mengatakan, dana segar itu akan digunakan untuk pengembangan platform game edukasi yang lebih andal, serta mempersiapkan soft launching pada Q4 tahun 2023.

“Pendanaan dan dukungan ini akan membantu kami menghadirkan platform terbaik dalam memberdayakan para orang tua dan pendidik dalam mengembangkan potensi diri anak, yang termasuk dengan pembelajaran mengenai keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan dalam kehidupan,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (12/7).

Investment Professional East Ventures, Jordy Tenka, mengatakan masuknya SoLeLands dalam portofolio East Ventures dapat berperan penting dan berkontribusi pada proses pembelajaran yang lebih baik bagi generasi muda dan masyarakat, serta dunia pendidikan di Indonesia.

“Kami percaya bahwa pendekatan dan penawaran inovatif SoLeLands merupakan solusi yang tepat dan belum pernah ada sebelumnya, karena mereka tidak hanya berfokus pada life skills dan kompetensi, tetapi juga pada tujuan jangka panjang untuk membangun kecintaan terhadap belajar,” ujarnya.

Membantu tumbuh kembang anak lewat gim edukasi

Co-Founders SoLeLands/Dok. SoLeLands

Didirikan pada tahun 2022 oleh Jonathan Prathama sebagai Chief Executive Officer dan Adhi Paisoseputra sebagai Chief Operating Officer, platform SoLeLands terinspirasi dari perkembangan pola asuh anak saat ini.Sebagai orang tua, Jonathan dan Adhi menyadari bahwa anak-anak sekarang tumbuh di tengah masyarakat dengan adopsi teknologi yang tinggi, sehingga para orang tua perlu membekali anak-anak mereka dengan keterampilan serta nilai-nilai yang dibutuhkan untuk dapat berkembang dan beradaptasi di era yang terus berubah.

SoLeLands hadir sebagai solusi ideal untuk memastikan pengenalan dan stimulasi yang tepat dalam mempersiapkan anak-anak yang tanggap digital. Platform ini berfokus pada dua tujuan utama, yaitu menemukan minat anak-anak dan mempersiapkan mereka dalam menghadapi tantangan di masa depan. 

Untuk mencapai tujuan tersebut, sebagai permainan edukasi (edu games), SoLeLands menerapkan pendekatan yang mengutamakan permainan (game-first) untuk mendukung orang tua dan pendidik dalam mempersiapkan keterampilan dan nilai-nilai yang dibutuhkan untuk anak-anak. SoLeLands memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna sehingga berbeda dengan cara-cara alternatif anak-anak untuk belajar dan menghabiskan waktu mereka.

SoLeLands menekankan pentingnya perkembangan anak di berbagai bidang seperti kecakapan hidup (life skills), budi pekerti, kecerdasan, dan kompetensi. Berikut ini layanan yang dihadirkan.

  1. SoLeLands menyajikan konten pembelajaran dalam format yang mudah dicerna untuk memastikan pengertian dan pemahaman yang lebih baik.
  2. Talent Manager Tool untuk menghadirkan kolaborasi antara orang tua dan anak, sehingga orang tua bisa melihat secara langsung dan jelas minat dan bakat anak-anak mereka.
  3. Menerapkan genre permainan massively multiplayer online role-playing game (MMO RPG) untuk memberikan pengalaman belajar yang unik dan menarik melalui pengaturan yang terlokalisasi dan berbagai fitur yang secara objektif membantu dalam mengidentifikasi minat yang tepat. 

Permainan ini menyajikan pembelajaran di lingkungan realitas (synthetic environments) dilengkapi  berbagai landmark yang tidak asing bagi para pengguna. Untuk menambah keseruan bermain, para pengguna bisa memilih berbagai peran, antara lain sebagai inventor, ahli biologi, arkeolog, dan sebagainya.

Related Topics