BUSINESS

Kerja Sama Alat Dapur Elektrik RI-AS Berpeluang Raup Transaksi Rp5,2 T

Hamilton Beach sedang  menjajaki  rencana pemindahan hub.

Kerja Sama Alat Dapur Elektrik RI-AS Berpeluang Raup Transaksi Rp5,2 Tilustrasi ekspor barang (pexels.com/Khunkorn Laowisit)

by Ekarina

26 May 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Perusahaan peralatatan  dapur  elektrik  Indonesia, PT  Borine Technology  Indonesia  dan perusahaan  Amerika Serikat (AS), Hamilton Beach menandatangani nota  kesepahaman (MoU) di  Detroit,  AS terkait pembelian  produk perusahaan RI senilai US$50 juta atau Rp748,95 miliar pada 2023. 

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengatakan, kerja sama itu dapat menjadi gerbang terbukanya investasi dan kerjasama yang lebih besar dengan antara perusahaan AS dengan perusahaan lain di Indonesia.

Terlebih lagi, Hamilton Beach sedang menjajaki  peluang pemindahan hub manufaktur dari Tiongkok ke Indonesia. Kerja  sama  tersebut berpeluang  menghasilkan nilai transaksi US$350 juta per tahun atau setara dengan Rp5,24 triliun.

Menurutnya, pemerintah mendukung penuh upaya produsen dan eksportir Indonesia menembus  pasar global. "Kami berharap kerja sama ini kontribusi signifikan bagi ekspor Indonesia ke AS di bidang peralatan dapur melalui kerja sama ini,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (26/5).

MoU  ini  terjalin  melalui  Indonesian  Trade  Promotion  Center  (ITPC) Chicago.  Sejak 2021, ITPC Chicago  telah  memfasilitasi  Hamilton  Beach  dalam  mencari  produsen peralatan dapur elektrik di Indonesia.  Kepala  ITPC  Chicago  Iska  Huberta  Sinurat  menyampaikan,Hamilton  Beach  memilih perusahaan Indonesia sebagai mitra karena percaya dengan kapasitas produksi dari Indonesia.

“Hamilton Beach telah melakukan kunjungan ke beberapa produsen peralatan dapur elektrikdi Indonesia pada Februari 2023. Dari hasil kunjungan tersebut, terjalin MoU senilai US$ 50 juta yang kita saksikan saat ini. MoU ini akan kami tindak lanjuti untuk memastikan rencana jangka panjang Hamilton Beach dapat terlaksana di Indonesia,”ujar Iska.

Penandatanganan  dilakukan di sela rangkaian pertemuan para menteri perdagangan  kerja sama ekonomi Asia Pasifik (Asia Pacific Economic Cooperation Ministers Responsible for Trade/APEC MRC) pada 25–26 Mei 2023.

Komitmen Investasi

Usai menyaksikan penandatanganan MoU, Zulkifli melanjutkan agenda pertemuan  dengan Chief  Executive  Officer Hamilton Beach Gregory H. Trepp. Dalam pertemuan tersebut, Zulkifli  menyampaikan Kementerian Perdagangan dengan  kementerian  dan  lembaga  lainnya  di  Indonesia mendukung  upaya-upaya  kerja sama  antarpelaku  usaha  Indonesia  dengan  mitra  dagang  mereka dari negara lain, termasuk AS.

Ia berharap  Hamilton  Beach  dapat  membantu  melobi  kongres  AS  agar Indonesia mendapatkan perpanjangan Generalized System of Preferences (GSP). Sementara  itu, CEO Hamilton Beach Gregory H. Trepp juga menyampaikan komitmennya membangun kerja  sama yang  lebih  erat  lagi  dengan menjajaki rencana pembangunan hub di Indonesia.

“Kami berharap Indonesia sebagai hub utama  baru  kami  di  masa  depan. Transaksi US$50 juta yang terealisasi saat ini baru sebagai target tahunan. Target ini perlu didukung investasi awal  seperti  fasilitas,  peralatan, permesinan dan infrastruktur,”kata Gregory.

Hamilton Beach merupakan perusahaan peralatan dapur elektrik dengan pangsa pasar di AS sebesar 20 persen. Perusahaan tersebut mengimpor produk-produknya dari Tiongkok senilai US$350 juta setiap tahunnya.