BUSINESS

Profil Ahmad Dani Virsal Dirut Baru PT Timah

Ahmad Dani Virsal sebelumnya menjabat CEO pada PT DAK.

Profil Ahmad Dani Virsal Dirut Baru PT TimahAhmad Dani Virsal (kiri) ketika masih menjabat CEO PT DAK. (Doc: tangkapan layar youtube PT DAK).

by Hendra Friana

16 June 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) PT Timah Tbk., Kamis (16/6), memutuskan untuk mengangkat Ahmad Dani Virsal sebagai direktur utama. Dia menggantikan Achmad Ardianto yang berpindah posisi sebagai Direktur Sumber Daya Alam PT Aneka Tambang Tbk. 

Virsal bukan sosok baru di PT Timah. Pria kelahiran Belinyu, 25 April 1971, tersebut telah bergabung dengan Timah sejak 2015. 

Ketika pertama kali bergabung, lulusan jurusan pertambangan Universitas Sriwijaya (1990-2006) dan Master of Business Administration (MBA) SBM ITB (2011-2013) itu menjabat sebagai General Manager Operations PT Timah pada Juli 2015–Desember 2016.

Kemudian ia menduduki jabatan GM Kepulauan Riau dan Riau PT Timah pada Agustus 2015–Desember 2016. Pada Januari 2017, dia diangkat menjadi Senior Vice President of Strategic Management PT Timah.

Pada Oktober 2017–Januari 2021, Virsal dipercaya menjadi pimpinan salah satu unit usaha PT Timah, yakni CEO PT Timah Investasi Mineral. Kemudian, pada Januari 2021 dia menjabat CEO pada entitas bisnis timah lainnya, yakni PT Dok Perkapalan Airkantung.

Susunan Direksi dan Dewan Komisaris

Selain memutuskan pergantian Dirut, RUPST juga menyetujui perombakan pada sejumlah posisi direksi, yakni Direktorat Operasi dan Produksi; Direktorat SDM, dan Direktorat Pengembangan Usaha.

Purwoko yang sebelumnya menjabat sebagi direktur operasi dan produksi digantikan oleh Nur Adi Kuncoro. Kemudian, Direktur SDM, Yennita, digantikan oleh Tigor Pangaribuan dan direktur pengembangan usaha Alwin Albar digantikan oleh Koko Wigyantoro.

Direktur keuangan dan manajemen risiko tetap dijabat oleh Fina Eliani.

"Dewan Komisaris dan Direksi PT Timah Tbk mengucapkan terima kasih kepada Bapak Achmad Ardianto, Bapak Alwin Albar, Bapak Purwoko dan Ibu Yennita atas dedikasi dan dukungannya kepada PT Timah Tbk selama menjabat sebagai Direksi PT Timah," demikian keterangan resmi perusahaan.

RUPST juga menetapkan pengurus baru di jajaran komisaris TINS. Komisaris Utama tetap dipercayakan kepada M. Alfan Baharudin, sementara komisaris independen dipercayakan kepada Agus Rajani Panjaitan. Posisi komisaris dipercayakan kepada Yudo Dwinanda Priadi, Rustam Effendi, dan Sufyan Syarif. Sekretaris Perusahaan PT Timah, Abdullah Umar, menyampaikan bahwa perubahan dan penyesuaian pengurus di tubuh TINS merupakan sesuatu yang biasa. 

Berikut daftar susunan direksi dan komisaris PT Timah terbaru.

DIREKSI

  • Direktur Utama: Ahmad Dani Virsal
  • Direktur Operasi dan Produksi: Nur Adi Kuncoro
  • Direktur Keuangan: Fina Eliani
  • Direktur SDM: Tigor Pangaribuan
  • Direktur Pengembangan Usaha: Koko Wigyantoro


KOMISARIS

  • Komisaris Utama: M. Alfan Baharudin
  • Komisaris Independen: Agus Rajani Panjaitan
  • Komisaris: Yudo Dwinanda Priaadi,
  • Komisaris: Sufyan Syarif
  • Komisaris: Rustam Effendi