BUSINESS

Mengenal Apa Itu Bisnis Cloud dan Peluangnya di Indonesia

Peluangnya sangat menjanjikan.

Mengenal Apa Itu Bisnis Cloud dan Peluangnya di IndonesiaIlustrasi cloud computing (Pixabay/Geralt)

by Muhammad Jordy Prayoga

28 December 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Era digital seperti sekarang ini telah membuat teknologi Cloud Computing menjadi salah satu tren yang semakin populer. 

Cloud computing menawarkan berbagai manfaat bagi Bisnis, seperti penghematan biaya, skalabilitas, dan fleksibilitas.

Tentu saja, cloud computing benar-benar membantu siapa saja untuk melakukan pekerjaan dan menjalankan bisnis dengan mudah.

Dengan demikian, tidak mengherankan apabila kebutuhan cloud computing khususnya di Indonesia semakin meningkat.

Sejalan dengan tingginya kebutuhan tersebut, Anda bisa mengambil peluang untuk menjalankan bisnis cloud dengan peluang yang sangat menjanjikan.

Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui apa itu bisnis cloud, peluangnya di Indonesia, hingga jenis bisnis cloud yang bisa dijalankan.

Apa itu bisnis cloud?

Bisnis cloud merupakan model bisnis yang memanfaatkan teknologi cloud computing untuk menyediakan berbagai layanan, seperti infrastruktur, platform, dan aplikasi.

Sedangkan, cloud computing adalah model komputasi yang menyediakan sumber daya komputasi, seperti data center, server, perangkat lunak, dan jaringan melalui internet. 

Sumber daya ini dapat diakses dan digunakan oleh pengguna kapan saja dan di mana saja.

Keberadaan teknologi cloud memungkinkan siapa saja dapat melakukan berbagai aktivitas secara terintegrasi dalam sebuah database yang bisa diakses oleh banyak orang secara online.

Banyak bisnis atau perusahaan yang memiliki kebutuhan berbasis cloud, misalnya untuk website, penyimpanan (cloud storage), database sistem atau aplikasi, dan sebagainya.

Terlebih sekarang ini tren bisnis online semakin menunjukkan perkembangan yang begitu pesat.

Peluang bisnis cloud di Indonesia

Peluang bisnis cloud di Indonesia ke depannya menjadi sangat cerah dan menguntungkan. Pasalnya, sekarang ini jumlah pengguna internet di Indonesia tembus mencapai 215 juta pada tahun 2023, menurut laporan APJII.

Dengan semakin banyaknya pengguna internet di tanah air, tentu pola aktivitas dan kebutuhan pengguna juga akan berubah.

Indonesia Data Corporation mencatat bahwa pasar cloud computing di Indonesia mampu menembus 933,63 juta dolar AS per tahun 2023, dan merupakan nilai pertumbuhan terbesar yakni 25 persen dari tahun 2022 dengan nilai 747,15 juta dolar AS, seperti yang dilansir dari Cloud Computing Indonesia.

Berdasarkan data tersebut, peningkatan kebutuhan cloud computing di Indonesia tidak lepas dari beberapa faktor lainnya, seperti:

  • Perkembangan tren bisnis online mendorong kebutuhan akan layanan cloud untuk menjalankan berbagai aktivitas bisnis, seperti website, penyimpanan data, dan aplikasi.
  • Perkembangan teknologi membuat layanan cloud semakin menarik bagi bisnis, karena semakin banyak fitur dan layanan baru yang tersedia.
  • Kemajuan infrastruktur digital membuat layanan cloud semakin mudah diakses oleh bisnis di Indonesia.