Comscore Tracker
BUSINESS

Contoh Slogan, Pengertian, dan Pentingnya bagi Perusahaan

Begini cara membuat slogan.

Contoh Slogan, Pengertian, dan Pentingnya bagi Perusahaanilustrasi papan iklan (unsplash.com/DesignClass)

by Surti Risanti

Apabila Anda hendak memasarkan bisnis atau produk melalui iklan, berikut beberapa contoh slogan yang bisa menjadi referensi bagi Anda.

Slogan adalah salah satu elemen penting dalam sebuah iklan. Untuk itu, slogan haruslah dibuat seunik dan semenarik mungkin agar brand Anda mudah dikenali oleh masyarakat.

Perlu juga untuk diketahui bahwa kalimat singkat ini pula yang nantinya akan menjadi identitas bisnis Anda dan pembeda dengan bisnis serupa lainnya.

Lantas, apa itu slogan? Bagaimana cara membuat slogan? Untuk lebih jelasnya, berikut kami rangkum dalam artikel ini bersamaan dengan contoh slogan menarik.

Apa itu slogan?

Contoh slogan pada produk gelas

Slogan adalah pernyataan singkat yang digunakan sebagai promosi serta menggambarkan produk yang ditampilkan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), slogan adalah perkatan ataupun kalimat pendek yang memiliki daya tarik, mencolok, serta mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu.

Slogan biasa digunakan dalam dunia periklanan yang memberikan ringkasan kehebatan produk atau layanan yang diiklankan.

Pentingnya slogan

contoh slogan es krim

Slogan sangat penting bagi sebuah bisnis atau perusahaan. Melalui slogan, produk Anda akan lebih mudah diingat oleh audiens.

Selain itu, berikut beberapa manfaat slogan lainnya, yaitu:

Identitas bisnis atau perusahaan

Slogan yang menarik tentunya akan berimbas kepada eksistensi sebuah perusahaan. Selain itu, slogan yang digunakan harus bisa mewakili produk dan tujuan dari perusahaan.

Slogan bisa diambil dari pesan, nilai, atau visi dari perusahaan.

Menunjukkan kehebatan produk

Slogan harus bisa menyampaikan siapa yang bisa menggunakan produk tersebut dan kelebihannya dari produk serupa lainnya.

Jenis-jenis slogan

Iklan yang dipasang ditempat umum

Perlu untuk Anda ketahui, slogan memiliki beberapa jenis, di antaranya:

Slogan iklan

Adapun slogan iklan adalah slogan yang biasa Anda temui. Slogan jenis ini berupa kalimat singkat tentang promosi dari produk, layanan, atau program kepada khalayaknya.

Slogan kreatif

Sejalan dengan namanya, jenis slogan kreatif digunakan untuk menonjolkan merek perusahaan dan menjadi pembeda dengan kompetitor relevan lainnya.

Tentunya dalam membuat slogan jenis ini dibutuhkan pemikiran kreatif dan keunikan spesifik dari suatu merek. Namun, pesan yang ingin disampaikan harus mudah dipahami oleh audiens.

Slogan bisnis

Kalimat yang digunakan berisikan pesan menarik mengenai perusahaan secara keseluruhan.

Slogan persuasif

Jenis slogan ini biasanya menggunakan pesan-pesan yang bernada mengajak dan solutif, di mana produk yang diiklan dapat membantu permasalahan audiens.

Contoh slogan yang menarik

Indomie goreng

Slogan yang menarik haruslah singkat, jelas, dan unik. Saat slogan tersebut diucapkan, audiens akan langsung teringat pada produk atau perusahaan tersebut atau disebut dengan brand awareness.

Tahap selanjutnya, audiens tertarik untuk melakukan pembelian produk tersebut dan menjadi konsumen.

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa slogan yang unik, baik disiarkan melalui televisi atau pamflet. Berikut ini beberapa contoh slogan yang menarik dan bisa menjadi bahan referensi Anda:

Tolak Angin ‘orang pintar minum Tolak Angin’

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan slogan satu ini. Perusahaan Tolak Angin adalah sebuah perusahaan yang memproduksi obat atau asupan untuk menghilangkan masuk angin.

Dari slogan disini saja Anda sudah mengetahui produk apa yang ditawarkan oleh perusahaan ini. Selain itu, penggunaan kata ‘orang pintar’ rupanya berhasil menarik perhatian audiens.

Teh Botol Sosro ‘apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro’

Slogan sederhana ini ditujukan bagi siapa pun, terutama yang menggemari kuliner.

Melalui slogan tersebut, pesan yang ingin disampaikan oleh Teh Botol Sosro selalu menjadi pilihan untuk menemani kegiatan makan apa saja. 

Indomie ‘Indomie seleraku’

Slogan ‘Indomie seleraku’ sudah sangat familier di telinga masyarakat Indonesia. 

Slogan perusahaan mi instan ini hanya menggunakan dua kata saja. Hal inilah yang membuat masyarakat menjadi mudah mengingatnya.

Dalam slogan ini, Indomie ini memberikan pernyataan bahwa produknya adalah selera untuk siapa saja, tak peduli dari kalangan apapun.

Itulah tadi beberapa contoh slogan yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi. Jangan lupa untuk membuat slogan yang menarik, singkat, serta menunjukkan nilai dan kehebatan dari produk tersebut. 

Related Articles