10 Bank Terbesar di Dunia, Didominasi oleh Bank China

Puluhan cabang di berbagai negara

10 Bank Terbesar di Dunia, Didominasi oleh Bank China
ilustrasi uang (unsplash.com/Jason Leung)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Bank terbesar di dunia adalah bank yang memiliki nilai aset yang fantastis. Nilai aset yang dimiliki bila ditotalkan bisa mencapai triliunan dolar AS. Selain itu, bank tersebut memiliki cabang yang tersebar di beberapa negara lainnya.

Mungkin bila di Indonesia, Anda familiar dengan bank lokal seperti BCA, BNI, BRI, Mandiri, dan lain-lain. Beberapa bank tadi adalah bank terbesar di Indonesia yang memiliki nilai aset yang sangat besar.

Namun, bila diurutkan secara global, berikut deretan bank terbesar di dunia berdasarkan laporan dari S&P Global. Simak selengkapnya. 

1. JP Morgan Chase (US$3,74 triliun)

Ilustrasi JP Morgan Chase (reuters.com/Mike Segar)

Bank terbesar di dunia adalah JP Morgan Chase. Bank asal Amerika Serikat ini sangat terkenal dan memiliki aset yang sangat fantastis.

Pada awal mulanya, JP Morgan Chase merupakan hasil dari gabungan beberapa bank merger dan akuisisi, seperti Bear Stearns, Washington Mutual, Bank One, JP Morgan, dan Chase Manhattan.

Meski baru berdiri pada tahun 2000, tetapi total aset yang dimiliki JP Morgan Chase adalah sebesar US$3,74  triliun. Adapun sebanyak 25 ribu orang pegawai yang dimiliki dan hadir di ratusan pasar.

2. Bank of China (US$4,20 triliun)

ilustrasi Bank of China (dok.bankofchina.com)

Berdiri sejak tahun 1912, Bank of China masuk ke dalam jajaran bank yang memiliki nilai aset yang besar yaitu US$4,20 triliun.

Bank of China berpusat di Kota Beijing dan menjadi bank tertua di negara China. Bank ini memiliki cabang sebanyak 51 negara dan wilayah. Termasuk di New York, Paris, Karanchi, Lisbon, dan Montreal.

Pada awalnya, Bank of China memiliki legalitas untuk menerbitkan uang kertas di daerah China. Akan tetapi, kebijakan tersebut telah dialihkan ke wilayah administrasi khusus, yakni Hong Kong dan Makau.

3. Agricultural Bank of China (US$4,57)

ilustrasi Agricultural Bank of China (fortune.com/Alex Tai)

Bank terkaya di dunia yang memiliki nilai aset yang besar adalah Agricultural Bank of China. Adapun total aset yang dimiliki lebih dari US$4,57.

Selain itu, bank ini memiliki 24 ribu cabang di daratan China, 320 juta pelanggan ritel dan 2,7 juta klien. Bank ini juga memiliki cabang di beberapa bagian negara lainnya, seperti Tokyo, Sydney, Seoul, Singapura, London, dan Hong Kong.

Agricultural Bank of China didirikan tahun 1951. Bank ini merupakan hasil gabungan dua bank utama, yaitu Farmers Bank of China dan Coorperation Bank. Adapun program unggulan dari bank ini adalah membantu para petani.

4. China Construction Bank Corporation (US$4,76 triliun)

ilustrasi China Construction Bank Corporation (dok.ledgerinsights)

Lagi-lagi bank terbesar datang dari negara tirai bambu, yaitu China Construction Bank Corporation (CCBC). Nilai aset yang dimiliki mencapai 4,76 triliun US Dolar. 

Bank ini didirikan pada tahun 1943 dan saat ini menjadi kepemilikan pemerintah China, tepatnya di Kementerian Keuangan China. Meksi begitu, beberapa periode Bank of America sempat memiliki saham di CCBC sebesar 10 persen.

Adapun CCBC berfokus pada berbagai bidang, yakni mulai dari perbankan investasi, perbankan ritel, perbankan koperasi, layanan manajemen keuangan, dan ekuitas swasta.

Tercatat total cabang yang dimiliki adalah 13,6 ribu untuk wilayah domestik dan sejumlah operasi tersebar di luar negeri, termasuk Eropa, Amerika Serikat, dan Hong Kong.

5. Industrial and Commercial Bank of China (US$5,53 triliun)

ilustrasi China Construction Bank Corporation (dok.ledgerinsights.com)

Bank terbesar di dunia selanjutnya adalah Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) dengan total aset mencapai lebih dari US$ 5,53 triliun. 

ICBC memiliki 5,7 juta nasabah corporate banking dan 530 juta nasabah personal banking. Selain itu, bank ini juga beroperasi di 42 negara dan wilayah di dunia.

6. Mitsubishi UFJ Financial Group/MUFG (US$3,17 triliun)

Ilustrasi MUFG (dok.mufg.jp)

Mitsubishi UFJ Financial Group atau MUFG merupakan bank asal Jepang yang berpusat di Tokyo. Bank ini juga termasuk salah satu bank terbesar di Negeri Sakura.

MUFG berfokus di bidang manajemen investasi dan perbankan ritel. Aset bank ini bahkan mencapai US$3,17 triliun.

Perlu diketahui, MUFG merupakan perusahaan jasa keuangan hasil dari merger antara Mitsubishi Tokyo Financial Group dengan UFJ Holdings pada tahun 2005 lalu.

7. Bank of America/BofA (US$3,16 triliun)

ILUSTRASI BANK OF AMERICA (DOK.BANKOFAMERICA.COM)

Bank of America adalah lembaga keuangan yang berpusat di Charlotte, Carolina Utara, Amerika Serikat. Meksi begitu, bank ini pertama kali didirikan di San Francisco pada tahun 1904 dengan nama Bank of Italy.

Pada awal pendiriannya, bertujuan untuk memberikan pelayanan keuangan bagi warga imigran Italia-Amerika.

Di tahun 1998, Bank of Italy diakuisisi oleh NationsBank senilai US$62 miliar. Di bawah naungan manajemen merek Merril Lynch, bank ini memiliki prospek yang terus meroket di bidang sektor investasi.

Saat ini, aset yang dimiliki oleh Bank of America mencapai US$3,16 triliun.

8. HSBC (US$2,95 triliun)

ILUSTRASI HSBC (DOK.HSBC.COM)

HSBC masuk dalam deretan bank terbesar di dunia. Bank asal Eropa ini memiliki total aset sebanyak US$2,95 triliun.

Bank multinasional ini berbasis di London dan melayani berbagai bidang, mulai dari manajemen kekayaan, bisnis ritel, dan perbankan komersial. Bila ditotalkan, HSBC telah memiliki 39 juta lebih nasabah. 

Saat ini, HSBC telah tersebar berbagai wilayah, seperti Eropa, Timur Tengah, Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Amerika Utara. Diakumulasikan, terdapat 66 cabang yang beroperasi secara aktif.

9. BNP Paribas (US$2,90 triliun)

ILUSTRASI BNP PARIBAS (DOK.BNPPARIBAS.CO.ID)

BNP Paribas adalah bank yang memiliki total aset sebanyak US$2,90 triliun. Dengan jumlah tersebut, maka tak heran jika bank ini masuk dalam deretan bank tersbesar di dunia.

BNP Paribas berpusat di Paris dan telah memiliki sejumlah cabang di 27 negara berbeda dengan 200 ribu karyawan. Bank ini berfokus di dua bisnis utama, yakni korporasi dan perbankan ritel. 

Saat ini, bank terbesar di Paris ini telah memiliki 32 juta nasabah individu. Sedangkan, 850 ribu nasabah lainnya berasal dari pengusaha, tenaga profesional, UKM, dan lainnya. 

10. Crédit Agricole (US$2,67 triliun)

ILUSTRASI LOGO CREDIT AGRICOLE (DOK.CREDIT-AGRICOLE.FR)

Bank terbesar di dunia terakhir adalah Crédit Agricole. Bank ini masuk dalam bank terbesar kedua di Perancis dan bank terbesar ketiga di seluruh Eropa.

Crédit Agricole berpusat di Montrouge, Perancis dan dirikan pada tahun 1894. Pada mulanya, bank ini banyak memberikan pinjaman kepada industri pertanian. Setelahnya, Crédit Agricole terus berkembang di berbagai bidang hingga menjadi lembaga keuangan koperasi terbesar di dunia.

Total aset yang dimiliki Crédit Agricole sebanyak US$2,67 triliun.

Itulah tadi kesepuluh bank terbesar di dunia yang memiliki nilai aset besar dan jumlah cabang yang tersebar di seluruh negara.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar BRImo Secara Online Tanpa ke Bank, Ini Panduannya
Jumlah Negara di Dunia Berdasarkan Keanggotaan PBB
Erick Thohir Buka Kemungkinan Bawa Kasus Indofarma ke Jalur Hukum
Saat Harga Turun, Edwin Soeryadjaya Borong Saham SRTG Lagi
Lampaui Ekspektasi, Pendapatan Coinbase Naik Hingga US$1,6 Miliar
Mengenal Apa Itu UMA pada Saham dan Cara Menghadapinya