NEWS

Sejarah Bank di Dunia dari Masa ke Masa

Ini bank pertama di dunia.

Sejarah Bank di Dunia dari Masa ke Masailustrasi bank (unsplash.com/Dmitry Demidko)
25 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bank adalah badan usaha di bidang keuangan yang memberikan pelayanan penarikan dan pengeluaran uang, termasuk usaha kredit serta lalu lintas peredaran uang.

Saat ini, bank menjadi lembaga yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sebelum banyaknya lembaga keuangan ini bermunculan, tahukah Anda bank pertama di dunia pada tahun 1397 yang bernama Banca Monte dei Paschi di Italia.

Lantas, bagaimana sejarah bank di dunia? Simak perkembangannya pada artikel berikut ini.

Abad ke-18 SM

Sejarah bank di dunia sudah dimulai sejak abad ke-18 Sebelum Masehi (SM). Akan tetapi, bentuknya bukan bangunan kantor, tapi berupa rumah ibadah. Di masa tersebut, aset yang disimpan adalah emas.

Untuk itu, rumah ibadah dipilih sebagai tempat penyimpanan emas karena kecil kemungkinan untuk mencuri di dalamnya.

Rumah ibadah sebagai lembaga penyimpanan digunakan di negara Mesir. Bahkan, pada masa Hammurabi di Babylonia telah dibuat catatan pinjaman oleh para pendeta.

Dokumen tersebut yang menjadi cikal bakal bank sebagai tempat penyimpanan barang berharga dan pertukaran barang.

Abad ke-4 SM

Pada masa ini, aktivitas perbankan mengalami perkembangan, terutama di kawasan Yunani. Para pengusaha banyak menyimpan aset di rumah ibadah serta melakukan transaksi keuangan di dalamnya.

Perbankan melayani pinjaman, simpanan, penukaran yang, serta layanan penguji keaslian dan kemurnian uang/koin sebagai alat tukar.

Para pemberi pinjaman akan memberikan catatan dan memberikan jasa dalam pengiriman koin yang telah lolos uji dalam jumlah besar. Langkah ini menginspirasi Kerajaan Roma dan mulai mengatur kegiatan perbankan secara menyeluruh.

Akan tetapi, kegiatan perbankan di Roma terhenti saat kerajaan tersebut kalah dalam peperangan. Para penguasa melarang kegiatan penarikan bunga di gereja Katolik.

Related Topics