Comscore Tracker
FINANCE

Ekonomi Makro: Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup, dan Kebijakan

Ekonomi makro mempelajari perekonomian secara menyeluruh.

Ekonomi Makro: Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup, dan KebijakanIlustrasi Kawasan Ekonomi Khusus. (dok. Kemenkeu)

by BayuSurti

20 September 2022

Jakarta, FORTUNE – Ekonomi makro adalah salah satu indikator pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Bila terjadi masalah pada indikator ini, maka pembangunan sebuah negara pun akan terhambat.

Sebagai contoh, jika ekonomi global bermasalah, maka perekonomian sejumlah negara ikut terganggu. Perusahaan-perusahaan berpotensi terguncang, pengangguran rawan bermunculan, dan pada akhirnya bermasalah ke perkara kemiskinan.

Berbagai keterkaitan ini dapat dipahami bila kita mendalami lebih jauh tentang ekonomi makro demi memperoleh perspektif lebih menyeluruh. 

Sektor makro sama pentingnya dengan ekonomi mikro dan bermanfaat bagi para ekonom serta pemangku kepentingan dalam menentukan strategi dan kebijakan.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai sebab-sebab terjadinya pengangguran dan inflasi, atau hal-hal yang merangsang pertumbuhan ekonomi, berikut penjelasan mengenai ekonomi makro.

Pengertian ekonomi makro

Ekonomi makro adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang perekonomian secara menyeluruh, tentang bagaimana ekonomi berperilaku dalam skala besar. 

Cabang keilmuan dari ekonomi ini mempelajari fenomena ekonomi yang luas, seperti inflasi, tingkat harga, tingkat pertumbuhan ekonomi, pendapatan nasional, produk domestik bruto (PDB), dan perubahan tingkat pengangguran.

Ekonomi makro mencoba untuk mengukur seberapa baik kinerja suatu perekonomian, untuk memahami kekuatan apa yang mendorongnya, dan untuk memproyeksikan bagaimana kinerja dapat meningkat. 

Sektor makro berkaitan dengan kinerja, struktur, perilaku, dan pengambilan keputusan ekonomi secara keseluruhan.

Perbedaan ekonomi makro dan mikro

Ilmu ekonomi terbagi ke dalam dua katergori, yakni ekonomi makro dan mikro. Keduanya ternyata memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Ekonomi makro merupakan sebuah teori ekonomi yang berfokus pada permasalahan ekonomi secara global. Sedangkan, ekonomi mikro adalah sebuah studi yang membahas ekonomi secara unit atau perorangan.

Beberapa pakar ekonomi menyebutkan bahwa kedua teori ini memiliki perbedaan dari tema pembahasannya.

Related Articles