Comscore Tracker
FINANCE

Mendag Ungkap Ancaman Krisis Pangan dan Energi ke Pemulihan Ekonomi

Neraca perdagangan Indonesia alami surplus selama 24 bulan.

Mendag Ungkap Ancaman Krisis Pangan dan Energi ke Pemulihan EkonomiMenteri Perdagangan Muhammad Lutfi membuka acara Fortune Indoneisa Summit 2022

by Eko Wahyudi

Jakarta, FORTUNE – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan saat ini perekonomian dan perdagangan global masih mengalami ketidakpastian akibat dari krisis multidimensi. Sebab dari ketidakpastian tersebut, IMF pun merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi global menjadi 3,6 persen, atau turun 0,8 persen dari prediksi Januari lalu.

Pernyataan Mendag ini disampaikan dalam FORTUNE Indonesia Summit yang digelar di The Westin Jakarta, Rabu (18/5). Acara tersebut merupakan konferensi ekonomi bisnis yang mengangkat tema impact, sustainability, dan growth.

“Krisis pangan dan energi global yang sedang terjadi saat ini merupakan salah satu penyebab perlambatan pemulihan ekonomi. Inflasi di beberapa negara bahkan tumbuh tidak terkendali,” kata dia, Rabu (18/5).

Acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 ini diisi lebih dari 30 pembicara mulai menteri, investor, hingga pemimpin dari perusahaan-perusahaan berpengaruh di Indonesia. Selain itu, ajang yang diadakan selama 2 hari, yaitu pada 18-19 Mei 2022 pun juga dihadiri oleh sekitar 1000 peserta.

Ekonomi tumbuh dan inflasi terkendali

Kendati ekonomi global mengalami perlambatan pemulihan, Lutfi menyebut Indonesia patut bersyukur. Sebab, pada triwulan I-2022, ekonomi Indonesia berhasil tumbuh 5,01 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Kemudian, inflasi Indonesia pada Januari-April 2022 tercatat cukup terkendali sebesar 2,15 persen atau di bawah asumsi makro yang ditetapkan pada APBN tahun 2022.

Selain itu, Lutfi pun menyebut Indonesia mencatatkan neraca perdagangan yang sangat positif.  “Kinerja neraca perdagangan Indonesia juga pada tren surplus berkelanjutan 24 bulan berturut-turut. Surplus pada Januari-April 2022 mencapai US$16,89 miliar yang ditopang oleh surplus ekspor non migas sebesar US$24,6 miliar,” ujarnya.

Di tengah berbagai tantangan yang dihadapi saat ini, Lutfi menyebut Indonesia membutuhkan multistakeholder platform yang dapat mensinergikan seluruh potensi Indonesia ke depan.

“Oleh karena itu saya mengapresiasi penyelenggaraan Fortune Indonesia Summit 2022 yang mengangkat tema impact, sustainability, dan growth. Saya meyakini FORTUNE Indonesia dapat menjadi platform informasi yang akurat dan kredibel bagi dunia bisnis Indonesia,” ujarnya.

Awarding FORTUNE Indonesia

Dalam FORTUNE Indonesia Summit 2022, juga akan diselenggarakan awarding session bagi sejumlah tokoh yang masuk dalam daftar FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan 40 Under 40.

Dalam daftar Businessperson of the Year, ada beberapa nama besar seperti Garibaldi Thohir, CEO Adaro Energy; Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA, Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina; William Tanuwijaya, CEO Tokopedia; hingga M. Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin dan Presiden Direktur Indika Energy.

Sementara daftar 40 Under 40 memuat nama tokoh Indonesia dari berbagai sektor dengan usia di bawah 40 tahun—per 1 Februari 2022—seperti Anderson Tanoto, Managing Director RGE; Edward Tirtanata & James Prananto, Co-founder & CEO Kopi Kenangan; John Riady, CEO Lippo Karawaci & Direktur Lippo Group; Roderick Purwana, Managing Partner of East Ventures; konten kreator Arief Muhammad, dan masih banyak lagi.

“Saya mengucapkan selamat kepada para Fortune Indonesia Business Person of The Year dan peraih 40 Under 40. Semoga penghargaan ini dapat menginspirasi,” kata Lutfi.

Related Articles