FINANCE

5 Rekomendasi Jenis Investasi untuk Tabungan Pendidikan

Demi mendapatkan pendidikan yang berkualitas untuk anak

5 Rekomendasi Jenis Investasi untuk Tabungan PendidikanIlustrasi pendidikan untuk anak (Unsplash/@mdesign85)
29 February 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Pendidikan adalah salah satu aspek paling penting dalam kehidupan seorang individu. Oleh karena itu, tak heran, kenaikan biaya pendidikan menjadi kegelisahan tersendiri bagi setiap orang tua. Di sinilah pentingnya Investasi untuk tabungan pendidikan.

Meski begitu, tidak semua jenis investasi bisa dilakukan untuk tujuan yang satu ini. Anda harus memastikan masa depan yang cerah bagi anak-anak Anda dengan berinvestasi secara cerdas. Itulah mengapa membahas mengenai investasi untuk pendidikan adalah hal yang sangat penting.

Sebelum mengetahui apa saja investasi yang tepat untuk mempersiapkan pendidikan, sebaiknya kenali terlebih dahulu strategi investasinya agar tidak salah kaprah.

Strategi investasi untuk tabungan pendidikan

Mengingat biaya pendidikan yang terus meningkat, rencana pengelolaan dana sebagai tabungan untuk pendidikan harus dilakukan secara matang. Dengan begitu, anak-anak Anda akan dapat mengakses pendidikan berkualitas tanpa harus terbebani oleh utang.

Berikut ini adalah strategi yang dapat Anda terapkan untuk mempersiapkan investasi sebagai tabungan pendidikan.

1. Mulai sejak dini untuk mengatasi inflasi

Salah satu kunci keberhasilan tabungan pendidikan adalah memulainya sesegera mungkin. Semakin Anda menunda untuk berinvestasi, maka potensi kepemilikan instrumen investasi akan semakin rendah. Sebab, dana yang Anda siapkan akan kalah dengan laju inflasi.

Oleh karena itu, investasi yang tepat dapat membantu tabungan pendidikan tumbuh melebihi tingkat inflasi. Dengan begitu pula, Anda dapat memastikan bahwa dana tersebut telah cukup untuk membiayai pendidikan di masa depan.

2. Pilihlah investasi yang sesuai

Berbagai instrumen investasi telah dikhususkan untuk tujuan tertentu, sehingga Anda harus cermat dalam memilihnya sesuai kebutuhan Anda. Pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda dan tujuan utama investasi Anda, yakni pendidikan.

3. Diversifikasi portofolio

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan untuk mengurangi risiko investasi adalah diversifikasi potofolio. Sebaiknya, jangan menginvestasikan seluruh dana yang Anda miliki dalam satu instrumen atau satu jenis aset saja. 

Sebaliknya, sebisa mungkin, alokasikan dana Anda ke berbagai instrumen investasi untuk meminimalisir risiko. Di samping itu, Anda harus melakukan revaluasi secara berkala. Sesuaikan strategi investasi Anda dengan perubahan situasi keuangan dan tujuan pendidikan.

4. Manfaatkan program tabungan pendidikan

Sejumlah negara telah menawarkan program tabungan pendidikan khusus yang memberikan insentif pajak atau bantuan dari pemerintah. Manfaatkan program-program semacam ini untuk meningkatkan pertumbuhan dana pendidikan Anda, misalnya saldo KIP atau Tabungan PIP.

Jenis investasi pendidikan yang tepat

Selain rekening tabungan, Anda bisa memilih berbagai produk dan instrumen investasi yang aman untuk memastikan tabungan pendidikan terus untung. Berikut ini adalah beberapa jenis instrumen investasi yang bisa Anda pertimbangkan sebagai tabungan pendidikan.

1. Asuransi pendidikan 

Asuransi pendidikan adalah salah satu contoh investasi pendidikan yang tepat. Pasalnya, asuransi pendidikan bisa dibilang merupakan tabungan pendidikan konvensional yang dapat memastikan biaya pendidikan anak di tiap level atau tingkatan pendidikan formal. 

Saat ini, asuransi pendidikan ini juga sudah hadir dalam bentuk unit link. Dengan begitu, auransi pendidikan bisa menjaga nilai manfaat asuransi agar pendidikan anak tetap terjaga, terutama ketika terdapat kejadian tak terduga menimpa orang-orang yang menanggung biaya pendidikan, seperti kecelakaan atau meninggal dunia.

2. Investasi emas

Nilai komoditas emas yang terus menanjak setiap tahunnya dianggap mampu menjadi instrumen investasi yang menjaga nilai harta Anda. Dalam 10 tahun terakhir, emas telah mencapai 300 persen. Angka tersebut telah melampaui akumulasi inflasi pendidikan anak dalam kurun waktu yang sama.

3. Deposito pendidikan

Deposito pendidikan adalah deposito yang dikhususkan sebagai tabungan pendidikan anak untuk tujuan jangka pendek, seperti untuk keperluan masuk TK atau SD. Instrumen ini juga cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi untuk pendidikan anak.

4. Tabungan khusus

Saat ini, telah banyak bank yang menyediakan rekening khusus untuk pendidikan anak. Rekening ini biasanya akan mewajibkan Anda untuk menabung setiap bulannya, sehingga tidak ada alasan untuk lupa menabung setiap bulannya.

5. Saham dan reksa dana

Kedua instrumen ini juga sangat cocok untuk menjadi tabungan pendidikan anak, mengingat sifatnya yang jangka panjang, seperti untuk biaya kuliah anak. Namun, pastikan untuk memilih emiten yang jelas dan fundamentalnya baik.

Itulah penjelasan mengenai investasi untuk tabungan pendidikan yang dapat Anda praktikkan bersama pasangan.

Related Topics