Comscore Tracker
LUXURY

7 Jam Rolex Termahal di Dunia, Harganya Capai Ratusan Miliar

Jam Rolex termahal di dunia, prestisius dan langka.

7 Jam Rolex Termahal di Dunia, Harganya Capai Ratusan MiliarRolex Cosmograph Daytona/Dok. Rolex

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Mendengar kata Rolex yang terlintas adalah jam tangan dengan harga selangit. Rolex adalah salah satu merek jam tangan kelas atas. Namun, tahukah Anda jam Rolex termahal di dunia?

Rolex didirikan pada tahun 1905 oleh Hans Wilsdorf dan Alfred Davis di London dan hingga saat ini termasuk ke dalam kategori luxury watch. Jam tangan prestisius keluaran watchmaker asal Swiss ini bukan hanya simbol status, tapi juga bagian penting dari sejarah perfilman. Misalnya, dalam film James Bond, jam tangan Rolex membantu karakter utama dalam menyelesaikan misi pengintaian. 

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika beberapa orang percaya bahwa jam tangan Rolex khusus dibuat untuk orang-orang dari kelas tertentu. Jam tangan ini pun menjadi simbol kemewahan, sebab menggunakan material seperti emas, perak, kristal pada jam tangannya. 

Kisaran harga Rolex bisa mencapai jutaan dolar atau setara miliaran rupiah. Menurut Allied Market Research pasar luxury watch ini bernilai US$43,661 juta pada tahun 2019, dan diperkirakan mencapai US$51,317 juta pada tahun 2027.

Walaupun sudah termasuk dalam kategori jam tangan para sultan, ada yang dinobatkan menjadi jam Rolex termahal di dunia karena harganya yang fantastis. Merangkum jamtangan.com berikut deretan harga jam tangan Rolex termahal berikut ini.

1. Paul Newman’s Rolex Daytona

Gelar jam Rolex termahal di dunia disabet oleh Paul Newman’s Rolex Daytona. Paul Newman merupakan seorang aktor dan pembalap berkewarganegaraan Amerika Serikat ini membuat harga Rolex Daytona-nya menjadi sangat mahal. Tentu saja Paul Newman seringkali terlihat mengenakan jam tangan tersebut pada 1980-an. Oleh karena itu Rolex Daytona yang satu ini dijuluki Paul Newman’s Rolex Daytona.

Rolex Daytona yang dimiliki Paul sendiri merupakan hadiah dari istrinya, aktris Joanne Woodward. Jam tangan ini telah lama dianggap sebagai “Holy Grail” di antara para kolektor jam tangan dan membuat jam tangan ini bernilai sangat berharga di mata para kolektor. Paul Newman’s Rolex Daytona dilelang di rumah lelang Phillips (New York), sebesar US$17 juta atau setara dengan Rp250 miliar.

2. The 1971 Rolex Daytona Reference 626 Unicorn

Menempati posisi kedua untuk kategori jam Rolex termahal di dunia. Jam tangan ini pernah terjual di harga US$5,9 juta di tahun 2018, atau setara dengan Rp82 miliar. The 1971 Rolex Daytona Reference 626 Unicorn merupakan kategori jam tangan yang unik dan langka karena referensi 6265 hanya tersedia dalam 1 model saja.

Jam tangan ini dikenal dengan nama “The Unicorn” karena menjadi satu-satunya Daytona yang  dibuat dengan menggunakan emas putih.

3. The Rolex Bao Dai

The Rolex Bao Dai dengan referensi 6062 menjadi salah satu jam Rolex termahal di dunia. Namun, ada kisah sejarah yang unik dan menarik di baliknya.  Awalnya jam tangan ini ditujukan kepada Bao Dai yang merupakan kaisar terakhir dari dinasti keluarga Nguyen, Vietnam dan telah memerintah selama 13 generasi.

Sejak tahun 1926 hingga 1945, Bao Dai yang memiliki arti “penjaga keagungan” adalah Kaisar Annam, yang saat itu merupakan bagian dari Indocina Prancis, yang mencakup sekitar dua pertiga wilayah Vietnam saat ini. Hal itulah yang membuat The Rolex Bao Dai menjadi sangat populer di kalangan para kolektor jam tangan dan dibanderol dengan harga US$5,1 juta atau setara Rp70 miliar. 

Jam tangan ini ternilai langka, selain karena kisah bersejarahnya juga karena didesain khusus atas permintaan Bao Dai. Bao Dai melakukan permintaan pada dealer Rolex di Jenewa untuk dibuatkan Rolex paling langka dan paling berharga yang pernah dibuat yaitu dengan menggunakan dial warna hitam. Hal itulah yang membuat jam tangan ini langka karena hanya ada satu “Bao Dai” di dunia dan hanya ada tiga buah tipe 6062 dengan dial hitam dan diamond markers di dunia ini.

4. 1958 Rolex GMT Master

Rolex GMT-Master memiliki dial berwarna hitam dengan perubahan pada radium lume plots. 1958 Rolex GMT Master menggunakan material case berupa stainless steel yang diproduksi pada kuartal ketiga di tahun 1958.

Jam tangan ini memiliki keunikan yaitu memiliki fitur frame cincin berwarna cokelat-cognac Bakelite. Dengan spesifikasi dan material yang dimilikinya, membuat jam tangan ini menyentuh nilai US$3,5 juta atau setara dengan Rp50 miliar. 

5. Antimagnetique Reference 4113

Kembali ke masa lalu, karena Rolex yang satu ini dibuat pada masa Perang Dunia Kedua, dan di produksi pada tahun 1942. Hal tersebutlah yang membuat Antimagnetique Reference 4113 menjadi unik dan masuk dalam kategori jam tangan termahal.

Pada lelang yang diadakan di Jenewa, Swiss, Antimagnetique Reference 4113 terjual hampir US$2,5 juta (lebih tepatnya: 2.405.000 franc Swiss) setara dengan Rp34,7 miliar.

Apa yang menjadikan Antimagnetique Reference 4113 unik? Walaupun bentuknya lebih simpel daripada Rolex pada umumnya, Rolex yang satu ini bisa dibilang merupakan tipe Rolex yang sudah tua karena diproduksi pada tahun 1942, menggunakan material stainless steel tahan karat dan bukan menggunakan logam mulia.

Antimagnetique Reference 4113 hanya berjumlah 12 unit saja di seluruh dunia. Hal ini pula yang menjadi salah satu penyebab arloji ini menempati salah satu posisi jam Rolex termahal di dunia. 

6. Rolex Split-Seconds Chronograph 4113

Rolex dengan referensi 4113 ini adalah Rolex paling langka dan mempunyai nilai yang cukup besar di dunia. Rolex Split-Seconds Chronograph 4113 berhasil dijual hanya dalam waktu 2 bulan dengan harga US$2,45 juta dolar atau setara dengan Rp34,7 miliar.

Salah satu jam Rolex termahal di dunia ini terbilang langka. Rolex dengan  referensi 4113 hanya dibuat khusus untuk orang-orang yang berafiliasi dengan olahraga motor di tahun 1940-an. 

Dengan fitur split-second chronograph kronograf sepersekian detik, membuat Rolex Split-Seconds Chronograph 4113 menjadi salah satu jam tangan Rolex dengan fitur terumit. Karena mampu menjalankan sapuan jarum detik dan membuat jam tangan ini mampu membantu melacak kejadian langsung dan mencatat waktu secara luas. 

Jam ini pun hanya dibuat 12 buah dengan nomor seri berurutan. Materialnya menggunakan case stainless steel berukuran 44mm dan semuanya selesai dibuat pada tahun 1942. 

7. Eric Clapton’s Rolex ‘Oyster Albino’ Cosmograph Daytona

Menempati urutan ketujuh dalam deretan jam tangan Rolex termahal di dunia ada Eric Clapton’s Rolex ‘Oyster Albino’ Cosmograph Daytona. Jam ini pernah laku terjual pada tahun 2015 lalu dengan harga US$1,4 juta dolar atau setara dengan Rp19,4 miliar.

Tak heran harganya fantastis, sebab pernah dimiliki oleh salah satu pemain gitar legendaris yaitu Eric Clapton. Eric Clapton sendiri dikenal di kalangan kolektor jam tangan karena koleksi jam tangannya yang luar biasa, Eric Clapton’s Rolex ‘Oyster Albino’ Cosmograph Daytona dilelang di Jenewa Swiss pada tahun 2015 dan merupakan salah satu dari empat jam tangan dengan referensi 6263 dan dikategorikan sebagai jam tangan ‘albino’.

Jam tangan ini dilengkapi dengan dial dan chronograph totalizer subdial berwarna silver yang menjadi asal usul julukan albino tersebut. Model yang menempati salah satu posisi harga jam Rolex asli termahal ini diproduksi pada tahun 1971 menggunakan Calibre 727, dengan material stainless steel tahan karat.

Demikian deretan jam Rolex termahal di dunia yang berharga fantastis. Tak melulu mewah, faktor kelangkaan juga menjadikan jam Rolex begitu prestisius dan menjadi buruan para penggemar horologi. Apakah Anda memiliki salah satunya?

Related Articles