MARKET

Catat, Ini 10 Golden Rules Dalam Memulai Investasi

Aturan ini mampu menghindarkan kesalahan berinvestasi.

Catat, Ini 10 Golden Rules Dalam Memulai Investasiilustrasi investasi (unsplash.com/micheile dot com)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

17 January 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Investasi menjadi salah satu cara menambah pundi-pundi kekayaan. Namun, ada banyak faktor yang menentukan keberhasilkan invetasi atau usaha yang Anda lakukan. Terdapat sejumlah aturan emas atau Golden Rules perlu diperhatikan sebelum memulai berinvestasi. Apa sajakah itu? 

Sebelum membahas poin-poin Golden Rules lebih jauh, Anda harus tetap waspada dan berhati-hati saat berinvestasi. Berinvestasi dengan baik adalah tentang melakukan hal yang benar sebanyak itu tentang menghindari hal yang salah.

Melansir Fortune.com, berikut ini adalah beberapa poin penting Golden Rules yang harus kita pahami dan jalankan dalam berinvestasi, supaya bisa menghasilkan keuntungan. 

1. Jangan pernah kehilangan uang

investasi paling menguntungkan ada banyak opsiilustrasi investasi (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Rules ini sejalan dengan saran yang pernah dikemukakan oleh investor legendaris, Warren Buffet. Ia menekankan pentingnya untuk menghindari kerugian dalam portofolio, karena uang banyak yang Anda miliki dalam portofolio bisa menghasilkan lebih banyak lagi. Dengan demikian, kerugian merusak kekuatan penghasilan kita di masa depan.

Pengejawantahan ungkapan jangan pernah kehilangan uang sebenarnya mengacu pada bagaimana sikap kita untuk tak mudah terpikat dengan potensi keuntungan investasi. Pertimbangan antara untung rugi menjadi penting untuk dievaluasi sebelum membuat keputusan berinvestasi. Jadi, menurut Buffet, kita harus fokus pada sisi negatifnya terlebih dulu.

2. Berpikir seperti pemilik

Ilustrasi : gagal investasiShutterstock/Know How