MARKET

Belum Lama IPO, ERAL Catat Kenaikan Laba dan Pendapatan di Q3

Didukung peningkatan gaya hidup sehat di tengah masyarakat.

Belum Lama IPO, ERAL Catat Kenaikan Laba dan Pendapatan di Q3Gerai JD Sports dari ERAL. (dok. ERAL)
01 November 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Emiten ritel gaya hidup yang belum lama melakukan Initial Public Offering (IPO) pada Agustus 2023, PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL), mencatatkan kinerja pertumbuhan pendapatan dan laba bersih di kuartal III/2023.

Direktur Utama ERAL, Djohan Sutanto, mengatakan pendapatan perusahaan tumbuh 26,6 persen mencapai Rp2,7 triliun, begitu juga dengan laba bersih yang meningkat dari Rp160,3 miliar menjadi Rp164,3 miliar dibandingkan periode yang sama di tahun lalu (sebelum IPO)

“Kami memaksimalkan momentum positif pada sembilan bulan pertama tahun 2023 seperti tahun ajaran baru sekolah dan semakin maraknya event gaya hidup seiring transisi endemi. Semua itu berkontribusi positif terhadap kinerja perseroan,” ujar Djohan dalam resmi yang diterima Fortune Indonesia, Rabu (1/11).

Pencapaian positif ini, kata Djohan, didukung segmen active lifestyle sebagai penopang bisnis dan ekspansi di dalam negeri. Selain itu, perusahaan yang juga dikenal sebagai Erajaya Active Lifestyle (EAL) ini terus memperkuat sejumlah jenama yang digawanginya seperti DJI, Garmin, Marshall, Segway, termasuk jenama privat yang disebut IT (Immersive Tech).

Strategi penjualan

Direktur Utama ERAL, Djohan Sutanto.
Direktur Utama ERAL, Djohan Sutanto. (dok. ERAL)

Pertumbuhan kienrja perseroan juga didukung oleh penambahan gerai untuk terus memasarkan produk-produk unggulan ERAL. “Pertumbuhan kinerja yang solid turut didukung dengan ekspansi jaringan ritel melalui pembukaan 37 gerai baru di sepanjang tahun ini. Ekspansi ini sejalan dengan strategi kami untuk memperluas kehadiran kami di pasar domestik,” katanya.

Hingga akhir September 2023, jaringan ritel ERAL sudah mencapai 100 gerai yang terdiri dari 58 toko multi-brand store dan 42 mono-brand store, termasuk penambahan gerai dari sektor sports fashion JD Sports dan ASICS.

Selain itu, strategi penjualan omni-channel juga dilakukan oleh ERAL dengan menambah saluran belanja online melalui livewithit.id dan urbanrepublic.id, serta jdsports.id. ERAL juga bekerja sama dengan 3 platform marketplace, seperti Tokopedia, Shopee dan Blibli.

Memanfaatkan komunitas

Kegiatan fun run ASICS Indonesia bersama komunitas olahraga.
Kegiatan fun run ASICS Indonesia bersama komunitas olahraga. (dok. EAL)

Related Topics