MARKET

Kerja Sama Konten hingga Konser, MNC Digital Gaet Perusahaan Hong Kong

Keduanya bisa mendistribusikan produk ke Tiongkok Raya.

Kerja Sama Konten hingga Konser, MNC Digital Gaet Perusahaan Hong KongGedung MNC Group. (Shutterstock/Cahyadi Sugi)

by Ekarina

27 July 2023

Jakarta, FORTUNE - PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN), bagian dari MNC Media & Entertainment menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan perusahaan media dan grup hiburan asal Hong Kong, Media Asia Group Holdings Limited. 

Penandatanganan kerja sama itu berlangsung di sela Business Luncheon bertema “Indonesia – Hong Kong: Partnering for Success" yang diadakan Pemerintah Daerah Administratif Khusus Hong Kong (HKSAR), bersama Dewan Pengembangan Perdagangan Hong Kong (HKTDC), dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia
(KADIN Indonesia). 

Kemitraan ini akan memungkinkan kedua perusahaan untuk mendistribusikan produk di dalam negeri maupun di kawasan Tiongkok Raya. Selain itu, kerja sama ini juga membuka peluang untuk memproduksi film dan program televisi bersama di studio terintegrasi dan terpadu Movielandi Lido City, Bogor, Jawa Barat untuk meningkatkan kualitas konten dan efisiensi, sekaligus menyediakan ruang untuk produksi bersama acara langsung dan konser di Indonesia.

Dengan koneksi yang kuat dari Media Asia Group Holdings Limited diharapkan kerja sama ini bisa memberi lebih banyak eksposur bagi talenta di Indonesia untuk berkembang ke Asia Raya. 

"Kerja ini diharapkan bisa membuka lebih banyak peluang serta mempererat hubungan bilateral kedua negara. Banyak hal yang bisa kita gali dan manfaatkan dari sini aliansi dan kami berharap untuk melihat lebih banyak pertumbuhan dari kerja sama ini," kata Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo dalam keterangannya, Kamis (27/7). 

Profil Media Asia Group Holdings

Media Asia Group Holdings Limited dan anak usahanya merupakan salah satu grup hiburan berbahasa Mandarin dengan bisnis mapan di Tiongkok Daratan. Kegiatan utama Media Asia meliputi produksi dan distribusi film dan acara TV; organisasi, manajemen dan produksi konser dan pertunjukan langsung; manajemen artis; produksi dan penerbitan musik; lisensi konten media; dan penyediaan layanan konsultasi dalam perencanaan dan pengelolaan proyek budaya, hiburan, dan pertunjukan langsung. Selain berkantor pusatnya di Hong Kong, Grup perusahaan juga memiliki kantor di Beijing, Shanghai, Taipei, dan Seoul.

Media Asia didirikan di Kepulauan Cayman pada Februari 2000 dan mengubah domisilinya menjadi Bermuda pada Desember 2009.  Perusahaan terdaftar di Growth Enterprise Market (GEM) bagian dari Bursa Efek Hong Kong  31 Mei  pada 2001.

Pada Juni 2011, Perusahaan diakuisisi oleh eSun Holdings Limited (eSun) melalui pembelian saham baru. Sejak saat itu, Perusahaan menjadi anggota Grup Lai Sun bersama dengan eSun, berspesialisasi dalam pasar media dan hiburan. Pada Maret 2023, eSun bergabung dengan Media Asia yang melibatkan penawaran pertukaran saham melalui skema pengaturan.

eSun memiliki pengalaman dan memiliki rekor terbukti selama lebih dari 20 tahun dalam industri film berbahasa Mandarin dan menghasilkan sejumlah film terkenal dengan catatan box office.