Mengenal Jenis-jenis Saham di Pasar Modal
MARKET

Mengenal Jenis-jenis Saham di Pasar Modal

Jenis saham dapat diklasifikasikan ke dalam dua jenis.

Mengenal Jenis-jenis Saham di Pasar Modal
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

by Hendra Friana

Jakarta, FORTUNE - Ada beberapa jenis-jenis saham berdasarkan beberapa kategori yang ada dan minat masyarakat pun untuk berinvestasi saham kian meningkat di tengah pandemi covid-19. Pasalnya, kebijakan suku bunga rendah Bank Indonesia membuat tabungan dan deposito tak bisa diharapkan untuk mendapatkan imbal hasil besar.

Namun, banyak investor yang belum mengerti jenis-jenis saham yang dapat dikoleksi sebagai aset finansial. Padahal, pengetahuan ini cukup penting agar tidak salah jalan ketika menanamkan uangnya di pasar modal.

Berikut jenis-jenis saham yang perlu diketahui investor, dikutip dari situs Cermati.com:

Jenis-jenis Saham Berdasarkan Kemampuan dalam Hak Tagih

Ada dua jenis saham yang masuk dalam kategori ini yakni saham biasa dan saham preferen .

  • Saham Biasa

Karakteristik utama dari saham biasa adalah kepemilikan hak suara. Dengan hak tersebut, pemiliknya bisa ikut memilih dewan komisaris dan hak didahulukan jika terdapat penerbitan saham baru.

Namun, pemilik atau pemegang saham jenis ini hanya memiliki kewajiban yang terbatas. Keuntungannya adalah jika terjadi risiko terburuk seperti perusahaan bangkrut, kerugian maksimum yang ditanggung oleh pemegang saham adalah sebesar investasi pada saham tersebut.

  • Saham Preferen

Sementara saham preferen didesain sebagai gabungan obligasi dan saham biasa. Saham ini memiliki berbagai tingkatan yang dapat diterbitkan dengan karakteristik berbeda. Ada hak pula atas tagihan terhadap aktiva dan pendapatan dan memiliki prioritas lebih tinggi dari saham biasa dalam hal pembagian dividen.

Kemudian pemegang saham preferen dapat memperoleh dividen kumulatif. Jika dividennya belum dibayarkan dari periode sebelumnya, maka dapat dibayarkan pada periode berjalan dan mendapatkan lebih dahulu dari pemegang saham biasa.

Selain itu, saham preferen juga dapat ditukar menjadi saham biasa bila ada kesepakatan antara pemegang saham dan organisasi penerbit.

Jenis-jenis Saham Berdasarkan Kinerja Perdagangan

Ada beberapa jenis saham yang dapat dikategorikan berdasarkan kinerja perdagangannya di bursa efek Indonesia, yaitu :

  • Saham Blue Chip

Saham Blue Chip banyak diburu investor karena berasal dari perusahaan yang memiliki reputasi tinggi, memimpin di industrinya, memiliki pendapatan stabil, dan konsisten dalam membayar dividen.

  • Income Stocks

Income stocks adalah saham perusahaan yang mampu membayar dividen lebih tinggi dari rata-rata dividen yang dibayarkan pada tahun sebelumnya. Kemampuan menciptakan pendapatan yang lebih tinggi dan secara teratur membagikan dividen tunai membuat saham perusahaan ini memiliki daya tarik.

  • Growth Stocks

Ini adalah jenis saham yang mirip blue chip, yakni memiliki pertumbuhan pendapatan yang tinggi, pemimpin di industri sejenis, dan dikenal sebagai perusahaan bereputasi tinggi. 

  • Lesser-known

Lesser-known biasanya merupakan saham dari perusahaan daerah dan kurang populer di kalangan emiten. Meski begitu, jenis saham ini tetap memiliki ciri growth stock.  

  • Speculative stocks

Saham jenis ini berpotensi menghasilkan laba tinggi di masa depan, tapi tidak bisa secara konsisten memperoleh penghasilan dari tahun ke tahun. 

  • Counter cyclical stocks

Yakni jenis saham paling stabil saat kondisi ekonomi bergejolak. Jika terjadi resesi ekonomi, harga saham ini tetap tinggi. Emitennya pun mampu memberikan dividen tinggi.

Itulah jenis-jenis saham berdasarkan kategori kemampuan Hak Tagih dan berdasarkan kinerja perdagangan.

Related Articles

Most Popular