MARKET

Erick Diisukan Dampingi Prabowo, Saham MARI dan ABBA Menghijau

IHSG dibuka melemah 0,24 persen ke 6.911,05, Kamis (19/10).

Erick Diisukan Dampingi Prabowo, Saham MARI dan ABBA MenghijauMenteri BUMN Erick Thohir. (Doc: Kementerian BUMN)
19 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Saham emiten media afiliasi Erick Thohir memulai perdagangan Kamis (19/10) dengan gembira. Saat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka memerah, dua saham emiten afiliasi Menteri BUMN itu kompak menguat.

Berdasarkan data IDX Mobile, saham PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) dibuka di harga Rp116. Lalu melesat 16,04 persen ke harga Rp123 pada pukul 09.03 WIB. Sebelumnya, MARI mengakhiri perdagagan Rabu (18/10) di harga Rp106.

Volume transaksi MARI di awal perdagangan Kamis ini mencapai 136 juta saham. Nilai transaksinya sendiri berjumlah Rp16,1 miliar, dengan frekuensi transaksi 2.900 ribu kali. Kapitalisasi pasarnya pun menyentuh level Rp646,1 miliar.

Sementara itu, saham PT Mahaka Media Tbk (ABBA) naik 8,75 persen ke harga Rp87 di waktu yang sama. Kapitalisasi pasarnya Rp342,5 miliar. Volume transaksinya berjumlah 19,8 juta saham, dengan nilai transaksi Rp1,7 miliar dan frekuensi transaksi 338 kali.

Disengat kabar Erick Thohir sebagai kandidat potensial sebagai wakil presiden untuK Prabowo Subianto

Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) didampingi Wakil Menteri BUMN I Kartika Wirjoatmodjo (kiri) dan Wakil Menteri BUMN II Rosan Roeslani (kanan) mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Jakarta, Kamis (14/9). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Kemarin, kedua saham itu juga menguat. Salah satu sentimen penyengatnya berasal dari nama-nama bakal calon kandidat wakil presiden (cawapres) untuk Prabowo Subianto.

Pendaftaran bakal calon presiden (capres) dan cawapres dimulai hari ini (19/10) hingga Rabu (25/10) pekan depan. Dua pasangan bakal capres dan cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dijadwalkan akan melakukan pendaftaran hari ini.

Yang tersisa hanyalah Prabowo Subianto, yang belum mendeklarasikan nama cawapresnya. "Dengan beberapa nama sebagai kandidatnya, seperti Erick Thohir dan Gibran Rakabuming Raka," kata Tim Riset Mirae Asset Sekuritas Indonesia, yang disampaikan oleh Analis Andreas Saragih dalam riset hariannya kepada pers, Kamis.

Adapun, Koalisi Indonesia Maju (KIM), pengusung Prabowo sebagai bakal capres, melaporkan baru akan mengumumkan nama cawapres untuk Prabowo setelah selesai melaksanakan pertemuan dengan para ketua umum partai yang tergabung di dalamnya. KIM terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Garuda, Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang, Partai Prima, dan Partai Gelora.

Pertemuan tersebut kabarnya akan digelar pada Jumat (20/10), setelah seluruh ketum partai dalam KIM berada di Jakarta, mengingat saat ini Ketum PAN, Zulkifli Hasan--selaku Menteri Perdagangan--sedang berada di luar negeri untuk mendampingi kunjungan kerja presiden.

Related Topics