Comscore Tracker
MARKET

Japfa Comfeed (JPFA) Siap Bagi Dividen Rp60 per Saham

JPFA mengalokasikan 35% laba bersih untuk dividen.

Japfa Comfeed (JPFA) Siap Bagi Dividen Rp60 per SahamJapfa Comfeed atau JPFA. (Website Japfa Comfeed)

by Tanayastri Dini Isna KH

Jakarta, FORTUNE - Emiten peternakan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) bakal menebar dividen, setelah mentongi restu pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Mengutip keterangan resmi, JPFA akan membagikan dividen tunai senilai Rp60 per saham untuk tahun buku 2021. Kepala Divisi Pengawasan Keuangan JPFA, Erwin Djohan, mengatakan nilai itu setara dengan 35 persen dari total laba bersih perseroan pada 2021 sebesar Rp2,02 triliun.

Sebagai perbandingan, pada 2020, rasio pembayaran dividen JPFA sama dengan 51 persen dari total laba bersih. 

Selain untuk dividen, sebesar Rp20 miliar akan dialokasikan sebagai dana cadangan JPFA. Sementara sisanya akan dibukukan sebagai saldo laba perseroan.

Pada 2021, laba bersih perseroan melesat 119,57 persen (YoY) dibanding 2020, yang mana salah satu pendorongnya berasal dari kenaikan pendapatan bersih perseroan pada 2021 sebear 21,42 persen (YoY) dari Rp36,96 triliun jadi Rp44,88 triliun.

Agenda lain dalam RUPST JPFA

Ilustrasi peternak unggas

Selain membahas penggunaan laba bersih pada 2021, JPFA juga membahas penunjukkan kantor akuntan publik yang akan mengaudit laporan keuangan pada tahun 2022. Ada pula mata agenda yang mendiskusikan penetapan gaji dan tunjangan bagi anggota direksi.

Ditambah lagi dengan pengangkatan anggota Dewan Komisaris dan Direksi perseroan yang berlaku sampai 2023. Ada pun, berikut ini susunan daftar petinggi JPFA yang baru sesuai hasil RUPST:

  1. Komisaris Utama: H. Syamsir Siregar.
  2. Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen: Bambang Budi Hendarto.
  3. Komisaris Independen: Ito Sumardi Djuni Sanyoto.
  4. Direktur Utama: Handojo Santosa.
  5. Wakil Direktur Utama: Tan Yong Nang.
  6. Direktur:

- Antonius Harwanto.

- Leo Handoko Laksono.

- Rachmat Indrajaya.

Related Articles