MARKET

Menilik Daftar Sektor yang Dapat Durian Runtuh Jelang Pemilu

Apa dampak pemilu 2024 terhadap pasar modal Indonesia?

Menilik Daftar Sektor yang Dapat Durian Runtuh Jelang PemiluPeserta penyadang disabilitas mengikuti simulasi pemungutan dan penghitungan suara dengan desain surat suara dan formulir yang disederhanakan untuk pemilu tahun 2024 di Halaman Kantor KPU, Jakarta, Selasa (22/3). (ANTARAFOTO/Reno Esnir)
18 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pemilihan umum (pemilu) serentak pada 2024 bagai durian runtuh bagi sejumlah emiten di berbagai sektor di pasar modal. Apa saja sektor yang dimaksud?

Demi mempersiapkan kontestasi politik pada kuartal pertama 2024 itu, pemerintah mengucurkan dana Rp21,86 triliun dari total Rp3.061 triliun dana APBN 2023. Bahkan, Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) memperkirakan dana pemilu mencapai Rp110,4 triliun; meningkat 2,5 kali lipat dari 2019 lalu.

“Sebagian besar [dana] akan mulai dibelanjakan pada paruh kedua 2023, sehingga akan mendorong daya beli masyarakat serta perputaran ekonomi,” ujar Chief Economist & Investment Strategist MAMI, Katarina Setiawan, dikutip Rabu (18/1).

Senada, Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus pun melihat hal itu sebagai katalis positif di tengah ketidakpastian dan tantangan ekonomi makro pada 2023.

Menurutnya, ini momentum bagi pelaku industri bertumbuh dan berkembang karena adanya kenaikan belanja pemerintah dan para calon-calon kandidat pemilu. Asal, harapan pasar agar pemilu berjalan stabil dan kondusif terwujud.

“[Hal itu] akan meningkatkan kepercayaan pelaku usaha, investor, dan masyarakat sehingga memberikan peluang terhadap peningkatan aktivitas dunia usaha,” kata Nico, Rabu (18/1).

Related Topics