Comscore Tracker
MARKET

Resmi Tercatat di BEI, Saham NETV Dibuka Naik 34,69%

Saham NETV melesat 68 poin ke level Rp264 dari penawaran.

Resmi Tercatat di BEI, Saham NETV Dibuka Naik 34,69%NET TV resmi tercatat di BEI, Rabu 26 Januari 2021. (NETV)

by Tanayastri Dini Isna KH

Jakarta, FORTUNE - Entitas induk NET TV, PT Net Visi Media resmi mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan harga penawaran Rp196 per lembar, Rabu (26/1). Tak lama setelah dibuka, saham emiten berkode NETV melesat 68 poin (34,69 persen) ke level Rp264 dari harga IPO.

Dalam penawaran saham umum saham perdana ini, NETV menawarkan sebanyak-banyaknya 765.306.100 saham baru, setara 4,37 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Dari aksi korporasi itu, NETV menargetkan menghimpun dana Rp 149,9 miliar. 

NETV menempuh jalur IPO untuk mengakselerasi rencana ekspansinya tahun ini dan tahun mendatang, salah satunya inovasi platform penyiaran berbasis digital melalui entitas anak perusahaan

“Lewat anak usaha NET, kami ingin mengembangkan konten-konten agar lebih luas lagi menjangkau potensi pemirsa di Indonesia,” kata CEO NETV, Deddy Hariyanto dalam keterangan resminya, Rabu (26/1). 

Konversi MCB yang Libatkan Anak Usaha Tokopedia

Di luar IPO, NETV juga menggelar konversi atas MCB (Mandatory Convertible Bond) bernilai Rp810 miliar, salah satunya dari PT Semangat Bambu Runcing (SBR)—entitas anak Tokopedia—menjadi penyertaaan saham serta konversi atas pinjaman sejumlah Rp353,45 miliar.

MCB yang sudah terbit tersebut dialihkan seluruhnya kepada SBR. Sesuai prospektus, eksekusi pengambilalihan itu berlangsung ketika Net melantai di bursa hari ini.

Penggunaan Dana IPO

Perusahaanyang berdiri sejak 2013 itu akan menggunakan dana IPO untuk keperluan ekspansi anak usaha. Itu juga termasuk pengembangan produksi konten dan pembelian program, modal kerja perseroan dalam mengelola industri manajemen artis, mengembangkan platform media digital, dan menyelesaikan sebagaian dari fasilitas pinjaman.

Secara terperinci, berikut alokasi pemakaian dana IPO NETV: sektor manajemen artis (18,5 persen), setoran modal ke PT Net Mediatama Televisi (53 persen), dan setoran modal ke PT Net Media Digital (28,5 persen).

Related Articles