8 Cara untuk Kembali Semangat Kerja Usai Libur Lebaran 2024

Post vacation blues bisa terjadi usai masa liburan panjang.

8 Cara untuk Kembali Semangat Kerja Usai Libur Lebaran 2024
Ilustrasi gaya hidup keluarga Islam. (ShutterStock/anythings)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Masa Liburan seperti saat menyambut Lebaran 2024 adalah momentum yang ditunggu-tunggu untuk berkumpul bersama keluarga dan saudara, namun di sisi lain bisa menjadi penyebab Anda merasa enggan dan malas untuk kembali beKerja setelah liburan.

Laman klikdokter.com mewartakan rasa malas kembali bekerja setelah liburan panjang disebut post vacation blues. Sindrom psikologis ini biasanya ditandai dengan gejala lelah, malas, kehilangan nafsu makan, perasaan nostalgia akan momen liburan, bahkan depresi, dalam skala gejala yang lebih mendalam.

Semakin lama Anda libur, biasanya rasa ini akan semakin lama Anda rasakan. Meski begitu, hal ini harus diatasi, karena masa kerja tidak melihat kondisi kesiapan psikologis Anda untuk berkarya kembali. Berikut ini ulasan akan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya post vacation blues.

1. Mulai rutinitas perlahan

Post vacation blues justru sering dialami orang yang langsung bekerja setelah liburan, dan bisa memicu stres. Oleh sebab itu, setelah liburan sebaiknya alokasikan 1-2 hari untuk bisa berisitirahat di rumah sebelum akhirnya bekerja. Hal ini diusahakan sebagai jeda agar tubuh dan pikiran beradaptasi perlahan dengan rutinitas.

2. Santai lakukan hobi Anda

Seperti halnya istirahat di rumah, kegiatan ini juga bisa Anda lakukan untuk menyiapkan kondisi psikologis Anda sebelum dipacu lagi untuk bekerja. Cara mengingat semangat kerja setelah libur panjang adalah mencoba meluangkan waktu untuk bersantai sejenak. Contohnya, melakukan hobi atau sekadar berkumpul bersama keluarga pada akhir pekan.

3. Lebih aktif berolahraga

Anda bisa menggugah semangat untuk kerja setelah berlibur melakukan olahraga. Selain menurunkan berat badan, berolahraga dapat membuat tubuh lebih bugar untuk mulai bekerja kembali. Apalagi, pada saat liburan, kadang pola makan Anda tak terkendali.

4. Kelola makanan saat liburan

Malas masuk kerja sering disebabkan oleh memori indah saat liburan. Sebelum masuk kerja, cobalah memasak makanan yang kita makan saat liburan. Semangat kerja setelah libur Lebaran bisa kembali lagi karena masih bisa menyantap makanan lezat dari destinasi liburan.

5. Lakukan self-reward

Penghargaan bagi diri sendiri setelah libur Lebaran 2024 bisa jadi cara untuk memotivasi diri sendiri dan mengapresiasi usaha yang telah dilakukan. Hal ini penting untuk meningkatkan motivasi, mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan mental, dan mendorong perilaku positif.

Anda bisa berbelanja, menonton film, atau pergi ke restoran, namun harus perhatikan kemampuan keuangan Anda supaya tidak kebablasan.

6. Bersihkan rumah dan meja kerja

Selain jadi pengalihan dari post vacation blues, hal ini juga akan menguntungkan bagi Anda sebagai semangat baru untuk memulai bekerja usai liburan. Tumpukan barang-barang liburan yang berantakan dan timbunan pekerjaan yang belum selesai dapat membuat Anda malas bekerja.

7. Rapikan foto liburan

Melihat-lihat lagi foto liburan sering membuat Anda susah move on dari liburan. Jika ingin kembali berfungsi, simpan foto-foto tersebut, dan hindari pemeriksaan media sosial terus-menerus. Lakukan kegiatan ini pada saat akhir pekan, agar tak mengganggu waktu kerja Anda.

8. Rencanakan liburan selanjutnya

Berdasarkan The Journal Applied Research in Quality of Life , merencanakan liburan dapat membuat Anda lebih bahagia. Meski baru selesai berlibur, namun merencakanan liburan selanjutnya bisa membuat Anda makin terpacu untuk bekerja demi liburan selanjutnya.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi rasa malas dan enggan bekerja usai liburan. Post vacation blues mungkin hal yang biasa terjadi pada para pekerja, namun bukan berarti bisa Anda abaikan begitu saja. Tetap semangat!

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
Cara Pinjam Uang dari BPJS Ketenagakerjaan serta Syaratnya
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Pengertian Google SGE, Fitur, dan Cara Mengaktifkannya
Stanchart Indonesia Tunjuk Rino Donosepoetro Sebagai Cluster CEO
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu