9 Tips Menciptakan Ruang Kerja Nyaman Untuk Tingkatkan Produktivitas

Ruang kerja yang nyaman jadi kunci peningkatan kinerja Anda.

9 Tips Menciptakan Ruang Kerja Nyaman Untuk Tingkatkan Produktivitas
Ilustrasi ruang kerja yang nyaman. (Pixabay/Juan Diego)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Ruang kerja adalah salah satu faktor penting yang mendukung produktivitas pekerjaan Anda sehari-hari, baik di rumah maupun di kantor.

Bayangkan ruang kerja yang berantakan dan kotor, dapat menurunkan mood bekerja hingga mempengaruhi produktivitas Anda. Untuk menjaga kinerja yang fokus, efisien, dan mendapatkan hasil terbaik, Anda membutuhkan ruang kerja yang mendukung kenyamanan kerja dan peningkatan kreativitas kerja sehari-hari.

Dengan mengutip sejumlah informasi dari Youngontop.com, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan ruang kerja yang mendukung produktivitas Anda dalam bekerja.

1. Pilih lokasi tenang

Ketenangan dalam bekerja adalah salah satu faktor kunci bekerja produktif an meningkatkan fokus tanpa dihalangi berbagai gangguan eksternal.

Dengan begitu, Anda bisa mengembangkan kinerja menjadi lebih cepat dan bermakna. Pilih lokasi di rumah yang tenang dan bebas gangguan, maka Anda akan terbantu untuk fokus pada pekerjaan tanpa gangguan eksternal.

2. Optimalkan pencahayaan

Faktor pencahayaan bisa jadi penambah semangat Anda untuk bisa bekerja lebih giat dan produktif. Pencahayaan yang baik sangat memengaruhi suasana hati dan mood dalam bekerja, sehingga produktivitas pun bisa makin meningkat, dengan berbagai pencapaian pekerjaan yang optimal dan memuaskan.

3. Furnitur nyaman

Investasikan dalam kursi dan meja yang ergonomis. Kursi yang nyaman dan meja yang sesuai dengan kebutuhan akan membuat nyaman saat bekerja, sehingga pekerjaan yang diselesaikan pun bisa dilakukan secara maksimal. Posisi tubuh saat bekerja yang tidak nyaman juga dapat membuat Anda makin cepat lelah dan tidak fokus dalam menyelesaikan berbagai tugas.

4. Pastikan tata letak barang efisien

Hal ini berkaitan juga dengan kenyamanan kerja. Atur perabot dan peralatan kerja agar mudah diakses dan sesuai dengan aliran pekerjaan, misalnya letak komputer, printer, atau alat-alat tulis. Semakin efisien tata letak berbagai barang pendukung kerja Anda, maka pekerjaan Anda pun bisa semakin produktif.

5. Hindari ruang yang kacau

Meski banyak pekerja yang berdalih bahwa kondisi yang berantakan justru akan membuat kerja lebih kreatif dan efektif, kekacauan dalam ruang kerja bisa mengganggu fokus Anda bekerja.

Manfaatkan berbagai media penyimpanan, seperti laci atau lemari untuk bisa mengatur berbagai barang pendukung kerja bisa tertata dengan lebih baik. Kondisi yang rapih tidak hanya membuat mood Anda meningkat saat bekerja, namun juga jadi cerminan pola pikir Anda yang tertata dan sistematis.

6. Upayakan warna yang mendorong produktivitas

Warna seperti biru dan hijau dapat meningkatkan produktivitas. Sebaliknya, warna-warna kelam dan membosankan, seperti hitam atau coklat tua dihindari, karena memengaruhi mood Anda dalam bekerja.

Cobalah memilih warna-warna cerah dan penuh energi untuk dekorasi ruang kerja, sehingga pekerjaan pun bisa dikerjakan dengan pemanfaatan energi yang maksimal.

7. Ruang tanpa gangguan

Pastikan ruang kerja Anda bebas dari segala gangguan, seperti televisi atau berbagai distraksi lain yang bisa mengurangi produktivitas kerja Anda. Fokus kerja harus menjadi yang utama, mengingat distraksi hanya akan membuat Anda makin tak produktif.

8. Letakkan tumbuhan dalam ruangan

Tanaman hias akan membantu Anda untuk bisa lebih rileks dalam bekerja. Taruh tanaman dalam ruang, seperti lidah mertua atau Kaktus untuk menciptakan kenyamanan saat bekerja. Suasana yang lebih segar bisa meningkatkan produktivitas Anda dan mencegah tubuh serta konsentrasi cepat lelah.

9. Tambahkan dekorasi yang menginspirasi

Berbagai dekorasi berupa hiasan dinding atau benda-benda yang bisa jadi inspirasi, seperti lukisan, kata-kata motivasi, atau sejenisnya, bisa menambah semangat Anda ketika bekerja. Selain ruangan akan tampak lebih artistik, Anda juga bisa terhindar dari kebosanan saat bekerja yang menurunkan produktivitas menuju hasil yang maksimal.

Demikianlah beberapa hal yang bisa diupayakan untuk menciptakan ruangan kerja yang produktif bagi Anda, baik di rumah maupun di ruang kantor. Semoga bermanfaat.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
Cara Pinjam Uang dari BPJS Ketenagakerjaan serta Syaratnya
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Pengertian Google SGE, Fitur, dan Cara Mengaktifkannya
Stanchart Indonesia Tunjuk Rino Donosepoetro Sebagai Cluster CEO
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu