Hal yang Perlu Anda Hindari Saat Liburan Kelompok

Liburan berkelompok lebih seru tapi butuh banyak pemahaman.

Hal yang Perlu Anda Hindari Saat Liburan Kelompok
Ilustrasi wisata pegunungan premium yang dikelola Club Med. (dok. Club Med)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNELiburan bersama teman atau saudara memang lebih menyenangkan dibandingkan melakukannya sendiri. Bukan hanya keseruan saja, namun juga pembagian tugas dan biaya yang dikeluarkan juga bisa lebih ringan, karena lebih banyak orang yang bergabung. Namun, ada beberapa hal yang perlu dihindari saat liburan bersama-sama.

Mengutip Huffpost.com, perjalanan berkelompok adalah cara terbaik untuk menjelajahi tujuan baru dan menciptakan kenangan seumur hidup sambil terhubung dengan orang-orang terkasih. Namun, dengan kepriabadian dan preferensi yang berbeda, masalah bisa saja muncul.

Pendiri aplikasi Let’s Jetty, Wendy Diep, mengatakan bahwa pengalaman buruk perjalanan liburan bersama bukan dari perjalanannya. “Biasanya hal ini disebabkan oleh perencanaan yang buruk, kurangnya komunikasi, dan ekspektasi yang tidak terpenuhi,” katanya seperti dikutip dari Huffpost, Jumat (19/4).

Berikut ini, berdasarkan artikel yang diunggah, Fortune Indonesia akan mengulas beberapa hal yang perlu dihindari saat bepergian liburan bersama dalam kelompok.

Merencanakan liburan tanpa strategi pembagian biaya

Pembagian biaya jelas akan meringankan liburan yang Anda rencanakan. Jangan sampai liburan yang seharusnya menyenangkan, justru berakhir membosankan karena Anda harus menanggung biaya anggota kelompok liburan lainnya.

Jadi, pastikan semua yang ikut dalam rencana liburan Anda, mendapat besaran pembagian biayanya masing-masing. Jangan lupa terapkan prinsip yang terperinci, dan seadil mungkin, agar liburan Anda tetap menyenangkan bagi semua yang ikut di dalamnya.

Anggaran yang tidak transparan

Selain biaya penginapan, konsumsi, atau transportasi, Anda juga harus ingat ada biaya-biaya kecil yang perlu dibicarakan dengan kelompok liburan Anda, seperti parkir, tol, atau jajanan. Hal ini perlu diperjelas, agar strategi pembagian biaya Anda bisa transparan dan jelas bagi semua anggota kelompok liburan.

Biasakan dalam menyusun anggaran biaya liburan, lakukan dengan rinci dan detail, sehingga tidak membingungkan saat dibagi dan bisa diterima oleh semua anggota yang akan bepergian bersama Anda.

Tidak melakukan reservasi

Pergi ‘go show’ memang terasa lebih seru bagi beberapa orang, namun perlu diingat bahwa Anda bepergian dalam kelompok yang mungkin tidak semuanya memiliki kesamaan karakter dengan Anda.

Perencanaan adalah kunci penting yang bisa membuat semua rencana berjalan dengan baik, seperti halnya memesan hotel jauh-jauh hari sebelum waktu perjalanan.

Hal ini diperlukan untuk menghindari situasi tiba-tiba fully booked pada saat Anda langsung datang, sementara banyak keseruan yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Maka, manfaatkan platform pemesanan online untuk memudahkan Anda melakukan reservasi.

Jadwal yang terlalu padat

Membuat jadwal yang rapih dan padat memang ada baiknya agar ada banyak hal yang dapat dilakukan dalam satu waktu. Namun, risikonya jadwal yang padat dapat membuat kegiatan liburan Anda menjadi kurang fleksibel. Kesenangan dan waktu santai adalah hal penting yang dicari oleh Anda dan rekan berpergian.

Jadi, sebaiknya jangan membuat pendjadwalan yang terlalu padat dan tidak fleksibel. Pastikan ada waktu bebas atau bersantai bagi setiap anggota kelompok bepergian Anda. Anda juga tidak bisa berharap semua anggota liburan selalu bersama, karena semua berhak dengan waktu bersantainya masing-masing, termasuk Anda. Dengan agenda yang santai dan fleksibel, perjalanan tersebut pasti lebih berkesan bagi seluruh pihak yang ikut liburan.

Membiarkan semua dikerjakan satu orang

Hal ini sangat biasa terjadi, terutama bila Anda tahu ada satu anggota yang senang mengatur semua hal dengan detail dan bersedia untuk lelah sendirian. Sebaiknya hal ini dihindari, karena bagaimanapun liburan bersama adalah liburan menjadi hal seluruh pesertanya, sehingga semua aspirasi harus terakomodir dengan lelah bersama.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah membicarakan ekspektasi tentang liburan secara bersama-sama dan semua anggota memiliki hak yang sama. Sebaiknya mulai dipertimbangkan juga, bahwa lelah bersama adalah salah satu hal yang menarik untuk menghibur Anda dalam liburan ini. Memori tidak bisa tergantikan dengan apapun, dan kedekatan yang terjalin bisa dibangun melalui upaya bersama ini.

Demikianlah beberapa hal yang perlu dihindari saat merencanakan dan melakukan liburan berkelompok bersama keluarga, teman, atau orang-orang terkasih lainnya.

Related Topics

Liburan

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik
Ini Tips Kelola Keuangan Untuk Pasturi yang LDR Antar Negara
Dibayangi Risiko Geopolitik,Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,06% di 2024
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Riset East Ventures: Kesenjangan Digital RI Turun Meski Spread Naik
Impor Barang Konsumsi Januari-April 2024 Melesat 12,55%, Ini Pemicunya