NEWS

5 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Selesai Liburan

Masa liburan yang panjang sulit membangkitkan semangat.

5 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Selesai LiburanPekerja Kantoran Saat Jam Makan Siang di Canary Wharf, London. Shutterstock/Viiviien
08 January 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE –Mengembalikan semangat Kerja setelah libur panjang merupakan salah satu hal yang cukup menantang bagi sebagain pekerja. Padahal, libur panjang seharusnya bisa memacu semangat setelah melepaskan penat selama Liburan.

Hal ini sebenarnya kerap dirasakan para pekerja yang justru menyempatkan waktu untuk liburan di hari libur atau dengan sengaja mengambil cuti. Perasaan santai selama liburan menyenangkan pun akan sulit dihilangkan sehingga menurunkan semangat untuk kembali bekerja. 

Walaupun kerap terjadi, hal ini tak boleh dibiarkan terlalu lama, karena dapat menghambat pekerjaan alih-alih bisa mengembalikan kinerja ke level optimal. Mengutip dari topkarir.com, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas beberapa tips untuk bisa kembali semangat bekerja usai liburan.

1. Pikirkan kesenangan bekerja

Meski bekerja sudah tentu tak lebih menyenangkan dari berlibur, namun jika Anda menyukai pekerjaan yang Anda lakukan, sudah pasti Anda akan bersemangat kembali memulainya. Untuk memacu semangat, coba pikirkanlah hal-hal menyenangkan dalam pekerjaan misalnya tentang bertemu dengan teman kerja yang sudah lama tak bertemu atau keuntungan finansial.

Dengan memikirkan sisi positif dari pekerjaan Anda, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk menumbuhkan semangat kerja yang mungkin sudah hampir sirna.

2. Membuat jadwal kerja

Buatlah jadwal pekerjaan yang akan Anda selesaikan, mulai dari hari pertama kerja setelah libur, hingga beberapa minggu ke depannya. Dengan begitu, Anda secara tidak langsung mulai memikirkan cara untuk menyelesaikannya dan secara tak sadar akan meningkatkan semangat kerja Anda.

Jika memiliki jadwal yang jelas, maka Anda juga memiliki tujuan kerja yang jelas. Hal itulah yang bisa memacu Anda untuk lebih bersemangat.

Related Topics