Rekomendasi Wisata Pulau Jawa yang Dilalui Jalur Kereta Api

Lokasi ini bisa Anda datangi di sela mudik Lebaran 2024.

Rekomendasi Wisata Pulau Jawa yang Dilalui Jalur Kereta Api
Kereta api jarak jauh. (Doc: PT KAI)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kajian Kementerian PariWisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menunjukkan bahwa pada musim libur Lebaran 2024, mayoritas masyarakat memilih Kereta Api sebagai sarana transportasi favorit untuk mudik, terutama Jawa.

Kereta api tidak sekadar menjadi transportasi andalan untuk mudik lebaran, tetapi juga alternatif transportasi andalan untuk berlibur.

Dengan jalur kereta api terpanjang di Indonesia berada di Jawa, Anda pun bisa mencoba beberapa destinasi wisata di daerah sekitar jalur kereta api.

Kereta api Jawa dilihat sebagai peluang sebagai potensi wisata.Untuk itu, Kemenparekraf berkolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO untuk menghadirkan program ‘Bundling Paket Wisata dengan Kereta Api’ dalam menyambut momen libur Lebaran 2024.e

Berikut beberapa destinasi wisata di Pulau Jawa, yang dilewati oleh alat transportasi kereta api, seperti dilansir Kemenparekraf.

Kebumen

Kebupaten ini bisa dijangkau dengan kereta api yang melintasi jalur selatan Pulau Jawa, terutama saat menuju Yogyakarta atau Solo menggunakan Kereta Api Bima maupun Taksaka.

Kabupaten Kebumen terkenal memiliki berbagai destinasi wisata pantai, waduk, gua, hingga benteng bersejarah.

Di Kebumen, beach hopping bisa jadi pilihan yang tepat. Setelah turun dari Stasiun Kebumen, kita hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 1 jam menuju Pantai Menganti.

Anda juga bisa mencoba mampir ke Pantai Pecaron yang hanya berjarak 20 menit dari Pantai Menganti.

Deretan pohon kelapa, suara deburan ombak, serta semilir angin pantai yang sejuk seakan memberikan ketenangan batin setiba di sana.

Nganjuk

Bila Anda berencana menuju Jawa Timur ke Surabaya atau Malang dengan menggunakan Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan maupun Gajayana, Anda bisa menyempatkan waktu sejenak untuk bervakansi di Nganjuk, salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki potensi wisata cukup menarik untuk dikunjungi, satu di antaranya Air Terjun Singokromo.

Walaupun harus menempuh perjalanan hampir satu jam dari Stasiun Nganjuk, namun pemandangan air terjun megah setinggi 20 meter seakan menghapus rasa lelah setelah perjalanan jauh.

Belum lagi, suasana sejuk dan asri di sekitar air terjun membuat perasaan menjadi tentram.

Tulungagung

Masih di rute kereta api yang sama dengan Nganjuk–jalur tengah–Anda bisa melintasi Kabupaten Tulungagung, dengan menikmati keindahan pantainya yang masih jarang diketahui banyak wisatawan.

Bahkan, pantai-pantai di Tulungagung sangat cocok untuk melakukan beach hopping.

Salah satu rekomendasi pantai di Tulungagung yang menarik dijelajahi adalah Pantai Pacar.

Untuk mencapai lokasi, Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari Stasiun Tulungagung.

Pantai Pacar memiliki pasir pantai berwarna putih yang lembut, serta terkenal akan keunikan dari air terjun di salah satu sisi tebing yang mengalir deras dan mudah dijangkau.

Setelah berkendara selama 2 menit dari Pantai Pacar, Anda juga bisa mengunjungi Pantai Lumbung, yang terkenal dengan adanya ikon batu besar di bagian tengah pantai.

Blitar

Setelah melintasi Tulungagung, satu pemberhentian lainnya yang menarik untuk disinggahi adalah Kabupaten Blitar, yang juga cocok untuk didatangi saat Anda melakukan perjalanan naik kereta api.

Salah satu destinasi populer di Blitar adalah Gumuk Sapu Angin, lokasinya sekitar satu jam perjalanan dari Stasiun Blitar.

Gumuk Sapu Angin menjadi salah satu destinasi wisata di Blitar dengan sangat cocok untuk healing sekaligus hunting foto, dan disambut dengan pemandangan bukit dan udara gunung yang sejuk, sekaligus pemandangan Gunung Kawi dan Gunung Kelud.

Pekalongan

Di jalur pantai uatar Jawa, Anda bisa berkunjung ke Kota Batik, Pekalongan, Jawa Tengah, dengan menggunakan kereta api.

Selain batik, Pekalongan juga memiliki banyak destinasi wisata unggulan yang cocok dijadikan tujuan liburan menggunakan kereta api, salah satunya adalah Mangrove Park Pekalongan.

Jika yang Anda ingin mengenal lebih jauh tentang Batik Pekalongan, bisa mengunjungi Museum Batik Pekalongan, yang dijangkau hanya dalam waktu 10 menit dari Stasiun Pekalongan.

Stasiun Pekalongan selalu dilewati banyak kereta api menuju Semarang, Surabaya, maupun Malang, seperti Kereta Api Argo Sindoro, Argo Merbabu, dan Argo Bromo Anggrek.

Demikianlah beberapa rekomendasi destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di Pulau Jawa dengan perjalanan menggunakan kereta api.

Dengan melakukan hal ini, perjalanan mudik Lebaran 2024 Anda bisa lebih berwarna dan mengasyikkan.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik
Ini Tips Kelola Keuangan Untuk Pasturi yang LDR Antar Negara
Dibayangi Risiko Geopolitik,Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,06% di 2024
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Riset East Ventures: Kesenjangan Digital RI Turun Meski Spread Naik
Impor Barang Konsumsi Januari-April 2024 Melesat 12,55%, Ini Pemicunya