NEWS

Kemenparekraf: Lebaran 2024 Bisa Dorong Ekonomi Nasional Sampai 5%

Perputaran uang dan pergerakan wisnus diprediksi meningkat.

Kemenparekraf: Lebaran 2024 Bisa Dorong Ekonomi Nasional Sampai 5%Ilustrasi masyarakat belanja kebutuhan Lebaran. (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)
02 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memperkirakan momentum mudik dan libur Lebaran 2024 mampu mendongkrak Ekonomi Nasional hingga 5 persen pada kuartal I dan II tahun ini. 

Deputi Bidang Kajian Strategis Kemenparekraf, Dessy Ruhati, mengatakan hasil kajian Kemenparekraf menunjukkan bahwa prediksi pertumbuhan ekonomi saat Lebaran 2024 ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti peningkatan konsumsi masyarakat.

“Terutama dipengaruhi peningkatan kebutuhan uang tunai 4,65 persen, kemudian pemerintah juga sudah menggelontorkan Bantuan Sosial (bansos) hingga Juni 2024, dan adanya kebijakan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) 100 persen kepada Aparatur Sipil Negara (ASN),” kata Dessy dalam Weekly Brief Kemenparekraf, Senin (1/4).

Selain itu, pergerakan masyarakat untuk berwisata di momen Lebaran 2024 juga berpotensi meningkatkan perputaran uang, seiring libur cuti bersama yang lebih panjang dari tahun 2023 dan kebijakan izin pengambilan cuti tahunan bagi ASN.

Wisatawan nusantara (wisnus) diproyeksikan akan memenuhi sejumlah destinasi wisata, seperti destinasi alam, pusat kuliner, taman rekreasi, hingga pusat perbelanjaan.

Pergerakan dan perputaran ekonomi

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf, Dessy Ruhati.
Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf, Dessy Ruhati. (Tangkapan layar)

Sebelumnya, Kemenparekraf memproyeksikan pergerakan wisnus di Lebaran 2024 akan mencapai 193,6 juta orang, atau meningkat dari pergerakan tahun lalu yang mencapai 123,8 juta orang. “Potensi perputaran ekonomi sektor parekraf ini sendiri adalah mencapai Rp276,11 triliun,” katanya.

Adapun tiga destinasi yang mencatat pergerakan wisnus selama Lebaran 2024 di antaranya Jawa Tengah, jawa Timur, dan Jawa Barat.

Sementara, tiga daerah asal tujuan pemudik yang terbanyak adalah Jawa Timur, Jabodetabek, dan Jawa Tengah. “Dengan menggunakan empat moda transportasi yang dipilih, yakni kereta api, bus, mobil pribadi, dan juga sepeda motor,” ujar Dessy.

Peningkatan okupansi hotel

Deluxe Room/Dok. Padma Hotel Semarang

Related Topics