NEWS

Cara Refund Tiket Kereta Api Via Platform Online dan Loket Stasiun

Biaya pembatalan mencapai 25 persen.

Cara Refund Tiket Kereta Api Via Platform Online dan Loket StasiunKereta api jarak jauh. (Doc: PT KAI)
by
05 January 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Mengetahui prosedur pengembalian dana atau refund pembelian tiket kereta api sangat penting, terutama bagi penumpang yang berencana membatalkan tiket karena ingin mengubah tujuan perjalanan atau beralih ke moda transportasi lain.

Proses pengembalian tiket kereta dapat dilakukan dengan mudah, baik melalui loket stasiun maupun aplikasi Access by KAI (KAI Access), namun penting untuk memahami syarat dan ketentuan yang berlaku.

Laman resmi KAI menginformasikan bahwa biaya pembatalan yang dikenakan kepada penumpang mencapai 25 persen dari tarif tiket kereta, di luar biaya pemesanan. Namun, jika pembatalan dilakukan oleh perusahaan dengan alasan apa pun, penumpang berhak mendapatkan pengembalian dana 100 persen dari nilai tiket yang dibeli.

Pembatalan tiket di stasiun dapat dilakukan paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan, sementara pembatalan melalui aplikasi bisa dilakukan maksimal 2 jam sebelum keberangkatan dengan syarat kode booking berstatus terbayar lunas dan belum dicetak sebagai boarding pass.

Pengembalian biaya akan dikirimkan ke rekening penumpang yang tercantum dalam kode booking tiket yang dibatalkan. Pastikan bahwa nama dan nomor rekening bank yang diinput sesuai dengan informasi pada buku rekening bank yang dimiliki. Untuk mengajukan pengembalian dana pembelian tiket kereta api, ikuti langkah-langkah berikut:

Cara refund tiket kereta api secara online

Berikut langkah-langkah atau cara refund tiket kereta api pada aplikasi Access by KAI:

  • Buka aplikasi KAI Access.
  • Pada menu "Tiket", pilih kode booking perjalanan kereta yang akan dibatalkan
  • Pada halaman tersebut, klik tombol "Pembatalan".
  • Pilih nama penumpang yang akan melakukan pembatalan perjalanan. Baca dan centang syarat dan ketentuan kemudian "Lanjut" untuk proses pembatalan.
  • Pada halaman akun bank, masukkan nomor rekening dengan benar untuk pengembalian dana. Kemudian lanjutkan proses pembatalan.
  • Pada halaman konfirmasi, pastikan pembatalan perjalanan kereta telah sesuai dengan yang Anda pilih pada tahap sebelumnya.
  • Klik tombol "Ya Saya yakin" untuk proses selanjutnya.
  • Pembatalan tiket kereta telah berhasil.

 Untuk transfer pengembalian dana pembelian dilakukan dalam waktu 30-45 hari kemudian.
 

Cara refund tiket kereta api di loket stasiun

  • Kunjungi loket stasiun dengan membawa tiket kereta atau bukti pembelian, KTP/identitas diri (asli dan fotokopi).
  • Isi formulir pembatalan yang terdiri dari dua rangkap, mencakup data tiket, data diri penumpang, dan keterangan pengambilan bea pembatalan.
  • Serahkan formulir tersebut kepada Customer Service di loket.
  • Proses pengembalian biaya akan dilakukan setelah hari ke-30 melalui transfer atau dapat diambil tunai di stasiun yang ditunjuk.

Related Topics