Senator AS Apresiasi Pembangunan IKN Nusantara

Konsep kota hutan IKN Nusantara dinilai menarik perhatian.

Senator AS Apresiasi Pembangunan IKN Nusantara
Foto udara proses pembangunan jalan lingkar Sepaku segmen 2 di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (4/10). (ANTARAFOTO/Rivan Awal Lingga)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Perwakilan delegasi kongres Amerika Serikat (AS), Senator Jeff Merkley, mengapresiasi pemerintah Indonesia dalam membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Salah satu penyebabnya, ialah konsep IKN Nusantara yang berupa kota hutan. “Ini adalah peluang untuk menciptakan sesuatu yang akan diperhatikan oleh seluruh dunia,” katanya saat mengunjungi IKN Nusantara, Jumat (14/4).

Menurutnya, rencana mempertahankan 2/3 kawasan IKN Nusantara untuk tetap menjadi hutan adalah merupakan daya tarik yang kuat. Bahkan, ia berharap dapat segera kembali ke IKN Nusantara untuk melihat hasil dari pembangunan kota tersebut.

Melihat untuk percaya

Bambang Susantono. (Wikimedia Commons)

Kepala Otorita IKN Nusantara, Bambang Susantono, mengajak para delegasi untuk melihat langsung pembangunan kawasan Istana Presiden. “Saya selalu mengatakan bahwa melihat adalah percaya, sebab dengan melihat langsung akan merasakan suasana dan proses pembangunan terus berjalan,” ujarnya.

Kepada para delegasi, Bambang menjelaskan sejumlah rencana pembangunan di sekitar istana, salah satunya terkait desain bangunan. "Kami mendesain bangunan tidak seperti gedung pencakar langit, tetapi bangunan hijau yang berstandar internasional,” katanya.

Kunjungan negara sahabat

Desain istana negara di IKN Nusantara. (Instagram @nyoman_nuarta)

Sebelum Amerika Serikat, beberapa delegasi negara-negara lain–seperti Korea, Jepang, dan Swiss–sudah berkunjung langsung ke IKN Nusantara, untuk melihat langsung perkembangan pembangunan. Di sisi lain, pemerintah memanfaatkan kunjungan tersebut untuk menjaajki peluang kerja sama investasi.

Sedangkan ntuk memfasilitasi investasi di IKN Nusantara, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan khusus lewat PP No.12/2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, dan Fasilitas Penanaman Modal bagi Pelaku Usaha di Ibu Kota Nusantara. Baleid ini bertujuan untuk kepastian, kesempatan, dan partisipasi yang lebih besar kepada pelaku usaha dalam mempercepat pembangunan IKN Nusantara.

Banyak investor tertarik

Mobil melintas di jalan kawasan IKN. (ANTARAFOTO/Bayu Pratama)

Sebelumnya, Bambang menyampaikan bahwa minat investor sangat tinggi untuk terlibat dalam pembangunan IKN Nusantara. Menurut data terbaru, ada sekitar167 investor telah mengirimkan Letter of Intent untuk ikut berpartisipasi membangun IKN.

“Pembangunan IKN merupakan proyek besar yang membutuhkan investasi dan kolaborasi yang besar, antara pemerintah dan pelaku bisnis. Kota ini dibangun dari awal di atas lahan hijau, yang memberikan kesempatan unik untuk menciptakan lingkungan perkotaan yang berkelanjutan dan efisien,” kata Bambang.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Buka Rekening Bank Mandiri Online, Praktis dan Cepat!
4 Cara Download Video CapCut Tanpa Watermark Terbaru 2024
Cara Cek Sertifikat Tanah secara Online, Tak Usah Pergi ke BPN
Apa itu Monkey Business? Ini Ciri-ciri dan Cara Menghindarinya
Daftar Orang Terkaya di Dunia Terbaru 2024, Siapa Saja?
Memasuki 39 Tahun, MSIG Life Kenalkan Budaya Kerja Baru