Indonesia dan Mesir Sepakati Kontrak Dagang Senilai Rp12,8 Triliun

Total transaksi dagang ini mencakup berbagai macam hal.

Indonesia dan Mesir Sepakati Kontrak Dagang Senilai Rp12,8 Triliun
enteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan bersama Menteri Perdagangan dan Industri Mesir, Ahmed Samir Saleh menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Joint Trade Committee (JTC) di Kairo, Mesir, Senin (15/5). (Dok. Kemendag)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan bertemu dengan Menteri Perdagangan dan Industri Mesir Ahmed Samir Saleh di Kairo, Mesir, Senin (15/5).

Dalam pertemuan itu, Zulkifli dan Ahmed Samir meneken pembentukan Komite Perdagangan Bersama atau Joint Trade Commitee (JTC) dan kontrak dagang senilai Rp12,88 triliun.

Dalam kesempatan itu, Zulkifli menerangkan kesepakatan perdagangan atau total transaksi bisnis dengan Ahmed Samir mencakup sejumlah hal: Apical 300.000 metrik ton RBD Palm Oil senilai US$330 juta, dan Wilmar 480.000 metrik ton RBD Palm Oil senilai US$528 juta. Sedangkan imbal dagang yakni mencakup PT PPI berupa kurma, anggur dan delima senilai US$505.000 dan kontrak dagang On the Spot senilai US$580.000. Keseluruhannya mencapai US$859 juta atau setara Rp12,8 triliun.

“Saya berharap, forum JTC dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mengidentifikasi berbagai potensi peningkatan perdagangan kedua negara sekaligus menjadi wadah penyelesaian hambatan perdagangan yang berorientasi pada kepentingan bersama,” ujar Zulkifli dalam keterangannya, Senin (15/5).

JTC Indonesia–Mesir merupakan forum bilateral antara Indonesia dan Mesir yang bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan kerja sama perdagangan kedua negara.

Pertemuan bilateral Indonesia dan Mesir

Dalam pertemuan bilateral sebelum penandatanganan MoU pembentukan JTC, kedua menteri membahas beberapa isu terkait peningkatan hubungan perdagangan kedua negara. Di antara sejumlah isu, turut dibahas kemungkinan dimulainya pembahasan Preferential Trade Agreement (PTA) antara Indonesia dan Mesir serta kerja sama dalam skema imbal dagang secara business to business (B-to-B).

“Saya dan Menteri Ahmed juga membahas beberapa hal terkait peningkatan hubungan perdagangan kedua negara. Saya mendorong tim teknis kedua negara untuk dapat memulai penjajakan kemungkinan pembahasan PTA antara Indonesia dan Mesir,” kata Zulkifli.

Sementara itu, Ahmed Amir meyakini JTC merupakan awal dari upaya peningkatan kerja sama yang lebih erat. “Mesir dapat menjadi hub bagi Indonesia untuk memasuki pasar Afrika dan Timur Tengah. Oleh karena itu, kami sepakat bahwa JTC merupakan langkah awal untuk menuju Preferential Trade Agreement, bahkan Comprehensive Economic Partnership Agreement,” kata dia.

Perdagangan unggulan kedua negara

Total perdagangan Indonesia dan Mesir periode Januari–Maret 2023 mencapai US$432,90 juta, terdiri dari ekspor US$379,40 juta dan impor US$53,50 juta. Indonesia surplus sebesar US$325,80 juta. Dalam lima tahun terakhir (2018–2022), Indonesia konsisten mencatatkan surplus perdagangan terhadap Mesir dengan tren 9,82 persen.

Sementara itu, pada 2022 total perdagangan Indonesia dan Mesir mencapai US$1,56 miliar. Ekspor Indonesia ke Mesir tercatat US$1,43 miliar dan impor Indonesia dari Mesir US$226 juta.

Indonesia surplus terhadap Mesir sebesar US$1,11 miliar. Produk ekspor utama Indonesia ke Mesir adalah minyak kelapa sawit, kopi, kelapa, benang, dan suku cadang. Sedangkan, komoditas impor utama Indonesia dari Mesir adalah pupuk mineral fosfat, kurma, buah ara, pinus, alpukat, jambu biji, pupuk mineral, tetes hasil dari ekstraksi atau pemurnian gula, dan kalsium fosfat alami.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Maret 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

17 Film Termahal di Dunia, Memiliki Nilai yang Fantastis
Ada Modus Bobol Akun Bank via WhatsApp, Begini Cara Mitigasinya
Bea Cukai Kembali Jadi Samsak Kritik Warganet, Ini Respons Sri Mulyani
Rumah Tapak Diminati, Grup Lippo (LPCK) Raup Marketing Sales Rp325 M
Bahlil: Apple Belum Tindak Lanjuti Investasi di Indonesia
Stanchart: Kemenangan Prabowo Tak Serta Merta Tingkatkan Investasi