NEWS

ASEAN-BAC Yakin ASEAN Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Dunia Pada 2045

Keyakinan berdasar pada roadmap yang disusun di KTT ASEAN.

ASEAN-BAC Yakin ASEAN Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Dunia Pada 2045Salah satu pertemuan KTT ASEAN 2023. (dok. Setkab)
11 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Organisasi ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) optimistis ASEAN bisa jadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia pada 2045. 

Ketua ASEAN-BAC, Arsjad Rasjid, mengungkapkan proses menuju target jadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia akan ditopang dalam peta jalan (roadmap) dengan inovasi menuju inklusivitas yang lebih besar. “ASEAN sebagai kawasan yang stabil, damai, dan menjadi pusat stabilitas dan ekonomi dunia pada tahun 2025,” ujarnya dikutip antaranews, Rabu (10/5).

Peta jalan tersebut, kata Arsjad, akan mengedepankan penguatan sentralitas kawasan, pemanfaatan solusi inovatif, dan memberikan advokasi inklusivitas bagi peningkatan ketahanan wilayah. Selain itu, ASEAN-BAC juga akan konsisten memberik masukan strategis dan umpan balik sektor swasta kepada para pemimpin negara-negara ASEAN.

Menurut Arsjad, upaya ini bisa mendorong integrasi ekonomi regional yang lebih kuat serta mempromosikan legasi proyek-proyek dengan dampak langsung dan berkelanjutan. Dengan demikian, kawasan Asia Tenggara bisa menghadapi dan beradaptasi dengan berbagai tantangan serta perubahan global yang kerap terjadi.

Lima isu, delapan proyek

Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Arsjad Rasjid.

Terdapat lima isu utama yang jadi acuan rekomendasi dari ASEAN-BAC bagi para pemimpin ASEAN, seperti transformasi digital, pembangunan berkelanjutan, ketahanan kesehatan, ketahanan pangan, dan fasilitas perdagangan serta investasi. 

Kelima isu ini pun dituangkan ke dalam delapan legacy project yang bisa diimplementasikan dalam berbagai pembahasan bersama para pemimpin ASEAN.

Kedelapan legacy project ini adalah ASEAN QR Code, Marketplace Lending Platform, Wiki Entrepneur, ASEAN Net Zero Hub, Carbon Center of Excellence, ASEAN One Shot Campaign, Inclusive Closed-Loop for Agricultural Product, dan ASEAN Business Entity.

“Delapan legacy project inilah yang mampu menjadi pendorong ASEAN untuk mencapai visi menjadi pusat pertumbuhan ekonomi,” kata Arsjad.

Pasar tunggal

Pertemuan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo.
Pertemuan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo. (dok. Setpres)

Related Topics