NEWS

Cara Membuat Deskripsi Diri yang Profesional Saat Melamar Pekerjaan

Deskripsi diri yang tepat bisa yakinkan perekrut pada Anda.

Cara Membuat Deskripsi Diri yang Profesional Saat Melamar PekerjaanIlustrasi interview kerja. (Pixabay/Mohamed Hassan)
19 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Deskripsi diri adalah salah satu proses melamar pekerjaan. Baik secara tertulis maupun saat wawancara, deskripsi diri menjadi bagian yang sangat diperhatikan oleh para perekrut.

Jobstreet mengartikan deskripsi diri sebagai suatu cara untuk menunjukkan kesan positif yang dapat bisa menarik minat perekrut pada Anda, sehingga memperbesar peluang Anda untuk dipanggil ke tahap seleksi yang lebih lanjut.

Deskripsi diri bertujuan memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada perekrut soal potensi yang Anda miliki, sesuai dengan kualifikasi yang sedang dicari oleh sebuah perusahaan.

Dalam deskripsi diri, Anda bisa menuliskan atau menyampaikan berbagai nilai-nilai, keterampilan, atau tujuan karier, yang mungkin bisa membedakan Anda dengan pelamar lainnya. Dengan demikian, deskripsi diri menjadi bagian penting saat melamar kerja, karena bisa memberikan gambaran singkat dan ringkas tentang siapa diri Anda sebagai calon pegawai di perusahaan.

Untuk memahami lebih jauh seputar pentingnya deskripsi diri dalam proses melamar kerja, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulasnya lebih jauh.

Pentingnya deskripsi diri

Saat menghadapi wawancara kerja, kemampuan Anda untuk mendeskripsikan diri dengan baik bisa jadi faktor penentu dalam mengesankan perekrut. Hal ini bisa jadi alasan kuat bagi perekrut, soal kenapa ia harus menerima Anda sebagai karyawan di perusahaan tersebut.

Deskripsi diri yang kuat juga membantu mengkomunikasikan nilai-nilai, keahlian, dan pengalaman yang relevan, sehingga bisa memperkuat peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Deskripsi diri juga berlaku ketika Anda menyusun sebuah resume. Deskripsi diri yang jelas dan terfokus bisa membantu memberikan gambaran yang komprehensif tentang siapa Anda dan seberapa layak Anda diterima di sebuah perusahaan. \

Di sisi lain, deskripsi diri dalam resume atau cover letter bisa membantu perekrut atau manajer perekrutan mendapatkan pemahaman yang cepat dan tepat tentang kualifikasi calon karyawan.

Masalah yang kerap muncul

Meski relatif mudah untuk dilakukan, namun masih banyak orang yang kesulitan dalam mendeskripsikan diri atau membuat sebuah deskripsi diri yang proprosional dalam lamaran kerja atau wawancara. Salah satu tantangan utamanya adalah menemukan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan kepribadian, kemampuan, dan pencapaian dengan cara yang efektif.

Yang sering terjadi, kebanyakan orang justru terlalu merendah dan menutup semua informasi tentang kelebihan yang dimiliki, atau malah sebaliknya, terlalu percaya diri dan berlebihan dalam menggambarkan berbagai kelebihan yang dimiliki.

Banyak pelamar kerja yang masih merasa kesulitan untuk meramu cara untuk menyeimbangkan antara menjunjung tinggi representasi diri secara positif, serta tetap jujur dan transparan tentang diri sendiri.

Related Topics