NEWS

Tips Mengirim Surat Lamaran Kerja yang Efektif Melalui Email

Tak bisa sembarangan mengirim surat lamaran kerja di email.

Tips Mengirim Surat Lamaran Kerja yang Efektif Melalui Emaililustrasi kirim email (unsplash.com/Austin Distel)
05 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Perkembangan teknologi yang begitu pesat, segala aktivitas pekerjaan bisa ssangat terbantu, termasuk mengirim surat lamaran kerja melalui surat elektronik atau email, yang lebih cepat dan efisien. 

Mengutip Breakcold, email lamaran kerja dibedakan menjadi dua, yakni cold email dan warm email. Cold email bisa dikatakan merupakan surat elektronik yang ditujukan kepada orang asing, sebaliknya, warm email merupakan email yang dikirim ke bukan orang asing.

Biasanya, cold email digunakan oleh para pelamar yang baru lulus kuliah dan siap untuk bekerja. Bahasa yang digunakan pun cenderung formal dan melampirkan berbagai informasi yang dibutuhkan para pemberi kerja, seperti pendidikan hingga keahlian yang kita miliki. Meski begitu, ada kalanya konsep warm email yang akrab dan menunjukkan ketertarikan kita untuk bekerja secara mendalam, lebih berhasil dalam meraih respon para pemberi kerja.

Selain itu, berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi para pencari kerja dalam mengirimkan email lamaran kerja supaya kemungkinan diterimanya lebih besar. Mengutip sejumlah sumber, berikut ulasannya. 

Gunakan alamat email yang jelas dan formal

Menukil Glints, hal pertama yang harus dipastikan para pencari kerja adalah penggunaan alamat email yang profesional dan lebih terpercaya. Sebaiknya, para pelamar menggunakan alamat email yang menunjukkan nama pelamar kerja secara benar.

Hindari kesalahan menggunakan email pribadi dengan nama yang kurang profesional, yang memungkinkan rekruter menilai Anda tidak terlalu serius dalam menginginkan pekerjaan tersebut. Selain itu, hindari penggunaan nama email yang terlalu rumit dan memiliki kesan tidak formal. Sebab, hal ini akan menjadi pertimbangan khusus bagi pihak HRD atau rekruter.

Saat mengirim email, pastikan juga alamat email yang dituju sudah benar dan tepat, sehingga tidak ada lagi kemungkinan salah alamat dan membuang kesempatan Anda diterima bekerja secara sia-sia.

Siapkan dokumen yang dibutuhkan dengan baik

Siapkan semua kelengkapan dokumen yang dibutuhkan rekruter atau pemberi kerja, seperti Curriculum Vitae (CV) serta cover letter dalam satu folder yang ringkas, sehingga rekruter tak perlu repot mencari dokumen-dokumen secara terpisah.

Pastikan juga penamaan setiap file jelas dan tidak membingungkan. Banyak HRD yang urung melihat dokumen bila dari awal sudah terlihat tidak jelas atau kurang profesional, misalnya ‘file (nama)-CV terbaru 2023 copy’.

Saat mengirimkan file, usahakan juga ukurannya tidak terlalu besar, supaya memudahkan pengunduhan. Jangan sampai, dokumen yang berat untuk diunduh justru merepotkan para rekruter untuk melihat surat lamaran. 

Related Topics