NEWS

Banjir Besar Akibat Perubahan Iklim Melanda Brasil Selatan

Pemerintah Brasil kecolongan atas mitigasi bencana ini.

Banjir Besar Akibat Perubahan Iklim Melanda Brasil SelatanIlustrasi banjir. (Pixabay/Hermann Traub)
06 May 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNEBanjir besar tengah melanda Brasil bagian selatan. Banjiritu ditengarai akibat Perubahan Iklim dari fenomena iklim El Nino yang menghangatkan permukaan air di wilayah Pasifik Khatulistiwa.

Koordinator kebijakan publik di Climate Observatory–jaringan kelompok lingkungan dan sosial–Suely Araújo, mengatakan El Niño secara historis menyebabkan kekeringan di wilayah utara Brasil dan curah hujan tinggi di wilayah selatan. “Tragedi-tragedi ini akan terus terjadi, semakin buruk dan semakin sering terjadi,” katanya seperti dikutip dari APNews, Senin (6/5).

Menurutnya, dampak El Nino pada tahun ini sangat dramatis, seperti kekeringan yang terjadi di Amazon, di sampung banjir besar sedang berlangsung. Akibat cuaca ekstrem yang makin sering terjadi, Brasil perlu menyesuaikan diri terhadap dampak perubahan iklim dalam bentuk adaptasi.

Seperti diketahui, banjir besar yang disebabkan hujan lebat selama tujuh hari belakangan ini merupakan bencana lingkungan keempat yang terjadi di negara bagian tersebut dalam satu tahun, menyusul banjir pada bulan Juli, September, dan November 2023 yang menewaskan 75 orang.

Related Topics