NEWS

RI-Korsel Perdalam Kerja Sama Kesehatan hingga Transformasi Digital

Investasi Korsel yang sudah berjalan industri mobil listrik

RI-Korsel Perdalam Kerja Sama Kesehatan hingga Transformasi DigitalPresiden Jokowi saat bertemu Park Byeong Seug, Ketua Majelis Nasional Republik Korea di BICC, Badung (20/3). (Dok. BPMI Setpres/Laily Rachev)
21 March 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Indonesia dan Korea Selatan akan memperkuat kerja sama di berbagai bidang, mulai dari kesehatan, transformasi digital, keuangan digital hingga kerja sama dalam mengatasi disrupsi pada rantai pasok global. 

Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo saat bertemu  Ketua Majelis Nasional Republik Korea, Park Byeong Seug di Bali, Minggu (20/3).

Jokowi menyampaikan, salah satu komitmen investasi Korea Selatan yang sudah berjalan adalah industri mobil listrik dan ekosistemnya.

“Minggu ini saya menghadiri peluncuran mobil listrik Hyundai IONIQ 5, menandai dimulainya produksi mobil listrik di Indonesia. Sementara mobil listrik Hyundai lainnya Genesis G80 akan menjadi mobil resmi KTT G20 sebagai showcase kerja sama RI-Korsel,” ujarnya.

Ia pun berterima kasih atas dukungan Korea Selatan pada presidensi Indonesia di forum G20.

“Sehingga forum Parlemen-20 (P-20) juga dapat memberikan dukungan terhadap tiga prioritas presidensi Indonesia, yaitu arsitektur kesehatan dunia, transisi energi, dan transformasi digital,” ucapnya.

Korsel siap dorong negara maju dukung negara berkembang

Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia Park Tae-sung.
Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia Park Tae-sung. (ANTARAFOTO/Aprilio Akbar)

Sebelumnya, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Park Tae-Sung, mengatakan Korsel siap mendorong negara-negara maju di G20 untuk membantu berbagai negara berkembang menghadapi tiga isu prioritas yang diusung Indonesia dalam presidensi G20 ini.

Melansir Antara (20/3), Park menyampaikan bahwa negara maju dapat membantu negara berkembang delam mengatasi pandemi Covid-19, mendorong percepatan ekonomi hijau, dan mengatasi ketimpangan digital.

Ia berharap, presidensi Indonesia di G20 dapat membuahkan hasil nyata dengan dampak yang bermakna dan berkelanjutan.

Korsel siap dukung isu transformasi digital

Bendera Korea Selatan.
Bendera Korea Selatan. (Pixabay/chickenonline)

Related Topics