NEWS

Masih Ada Kesempatan, Ini Tips Berganti Karir di Usia 40 Tahun ke Atas

Harus mengandalkan strategi yang bisa membantu karir Anda.

Masih Ada Kesempatan, Ini Tips Berganti Karir di Usia 40 Tahun ke AtasIlustrasi pekerja di kantor. 123RF
13 November 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Banyak yang beranggapan bahwa usia 40 tahun adalah masa di mana seseorang sudah mapan dalam berkarir dengan pekerjaan yang tetap. Namun, nyatanya masih banyak juga yang ingin berpindah haluan dalam hal karir meski usianya sudah menginjak 40 tahun.

Pekerjaan adalah sebuah aktivitas yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Memilih jenis pekerjaan dan menjalaninya, merupakan hak prerogatif sekaligus pilihan bagi siapa pun. Meski begitu, usia 40 bukanlah masa untuk mencoba-coba karena batasan usia produktif yang dimiliki seseorang, jadi perlu adanya siasat bila menghendaki pergantian karir di usia tersebut.

Perubahan cenderung menjadi lebih berat ketika usia semakin bertambah. Seseorang cenderung menetap pada satu pekerjaan lantaran lebih nyaman dan menjadi kurang fleksibel terhadap keadaan-keadaan baru. Ini menjadi salah satu alasan besar seseorang enggan melakukan perubahan ketika kita semakin dewasa.

Kendali pilihan ada di tangan Anda sebagai pekerja dan pihak yang akan menjalankan, namun dalam memilih pergantian karir, banyak pertimbangan yang harus dipikirkan dan jadi rambu-rambu agar tidak salah dalam memutuskan dan berakhir penyesalan di kemudian hari.

Mengutip Jobstreet, Fortune Indonesia akan mengulas beberapa tips yang bisa dilakukan untuk berganti karir di usia 40 tahun. 

1. Ketahui alasan Anda ingin berpindah karir dengan jelas

Seorang pemilik perusahaan pasti akan menanyakan tujuan Anda berganti karir selama wawancara, karena hal ini bukanlah hal yang biasanya dilakukan sebagian besar orang di kelompok usia ini.

Oleh karenanya, Anda perlu memikirkan lebih jauh tentang motivasi utama Anda dibalik keputusan Anda mengejar jalan karir baru. 

2. Siapkan dana cadangan Anda

Pergantian karir bisa menimbulkan potensi ketidakjelasan pada penghasilan yang Anda terima, bisa saja naik, atau sebaliknya.

Untuk berjaga-jaga menghadapi adanya kemunduran finansial, Anda perlu mempersiapkan dana cadangan sebagai dana darurat setidaknya enam bulan pertama. Hal ini memastikan bahwa Anda dapat mengejar karir baru Anda tanpa adanya stres tambahan dalam finansial.

Related Topics