NEWS

Jokowi: Pemerintah Operasi Pasar Besar untuk Stabilkan Harga Beras

Kenaikan harga beras terjadi di semua Provinsi.

Jokowi: Pemerintah Operasi Pasar Besar untuk Stabilkan Harga BerasJokowi saat menyampaikan keterangan kepada media, Kamis (2/2). (dok Setpres)
02 February 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah tengah melakukan operasi pasar besar-besaran untuk menyikapi kenaikan harga beras yang terjadi di semua provinsi.

Dalam kunjungannya ke Pasar Baturiti, Tabanan, Bali, Jokowi pun menemukan kenaikan harga itu. “Meskipun sudah mulai awal Januari dilakukan, tapi [harga beras] baru turun sedikit,” ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Setkab, Kamis (2/2).

Pada kesempatan yang sama, Jokowi pun menyampaikan bahwa kenaikan juga terjadi pada komoditas minyak goreng. Namun, menurutnya masih dalam batas wajar. “Harga-harga yang lain saya lihat stabil, baik,” katanya.

Stabilisasi harga beras

Jokowi kunjungi Pasar Baturiti, Tabanan, Bali, Kamis (2/2).
Jokowi kunjungi Pasar Baturiti, Tabanan, Bali, Kamis (2/2). (dok. Setpres)

Sebelumnya, Jokowi telah menginstruksikan jajarannya untuk melakukan stabilisasi harga beras. Perum Bulog pun didorong segera mempercepat pendistribusian beras dengan stok yang tersedia melalui operasi pasar guna menstabilkan harga komoditas tersebut.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini harga sudah bisa kembali turun,” kata Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, dikutip dari laman presidenri.go.id, (31/1).

Jangan ada lagi beras mahal

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso.
Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso. (dok. Setpres)

Related Topics