NEWS

Kemenparekraf Ajak Sektor Pariwisata Berkomitmen Turunkan Emisi Karbon

Deklarasi penurunan emisi karbon pun disiapkan.

Kemenparekraf Ajak Sektor Pariwisata Berkomitmen Turunkan Emisi KarbonPantai Kuta di Lombok. Shutterstock//Mazur Travel
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak pelaku pariwisata Indonesia–masyarakat, para pelaku industri, dan pemangku kepentingan lainnya–mendeklarasikan komitmen bersama Kemenparekraf dalam menurunkan emisi karbon di sektor pariwisata.

Menurutnya, untuk mencapai net zero emission sesuai Paris Agreement pada tahun 2015, sektor pariwisata wajib mendukung berbagai upaya penurunan emisi dan mensosialisasikan kampanye mitigasi dan adaptasi yang ditetapkan nasional.

Secara garis besar, pengembangan eco-wisata (wisata ramah lingkungan) mempertimbangkan rumusan 3P, yakni Planet, People, dan Prosperity. “Eco-wisata juga butuh kerja sama antara pemerintah dan swasta untuk mengantisipasi kerusakan lingkungan sebelum terlambat. Pembangunan pariwisata yang tidak memperhatikan lingkungan, akan menjadi ‘bumerang’ bagi industri pariwisata Indonesia ke depan,” katanya dalam webinar ‘Towards Climate Positive Tourism through Decarbonization and Ecotourism’, Rabu (29/6).

Deklarasi komitmen Kemenparekraf

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf, Rizky Handayani.Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf, Rizky Handayani. (Tangkapan layar)

Untuk mendukung upaya menurunkan emisi karbon dunia, Kemenparekraf menggandeng sejumlah pihak dalam acara bertajuk ‘Towards Climate Positive Tourism through Decarbonization and Ecotourism’ yang diluncurkan pada 6-7 Juli 2022, di Bali.

“Kami melakukan ini bekerja sama dengan Wise Step, Indecon, Plataran Group, kemudian kami akan menggandeng beberapa daerah sebagai (bagian) pilot project untuk kegiatan ini, serta kami akan mengembangkan platform Jejak.in,” kata Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf, Rizky Handayani.

Adapun inti acara terbagi menjadi 3 bagian, yakni peluncuran platform carbon calculator penghitung emisi wisatawan di Indonesia, deklarasi seluruh pemangku kepentingan pariwisata untuk mewujudkan net zero di Indonesia, serta penetapan 5 pilot project untuk offsetting pengurangan emisi karbon di Indonesia.

Glasgow Declaration on Climate Action in Tourism

Webinar ‘Towards Climate Positive Tourism through Decarbonization and Ecotourism’, Rabu (29/6).Webinar ‘Towards Climate Positive Tourism through Decarbonization and Ecotourism’, Rabu (29/6). (Tangkapan layar)