NEWS

Konser Makin Marak, Ini 3 Strategi Kemenparekraf Atasi Calo Tiket

Padahal, konser jadi peluang baik bagi pariwisata Indonesia.

Konser Makin Marak, Ini 3 Strategi Kemenparekraf Atasi Calo TiketKonser musik di Jakarta Fair Kemayoran 2023. (jakartafair.co.id)
27 June 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Event internasional, seperti konser musisi internasional kemabali marak digelar. Hal ini bisa jadi sebuah daya tarik bagi wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung ke Indonesia. Namun, praktik calo tiket jadi salah satu kendala yang membuat para musisi enggan mengadakan konsernya di Indonesia.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf, Nia Niscaya, mengatakan kunjungan wisman pada Januari-April 2023 menunjukkan tren positif dengan pertumbuhan tahunan mencapai 394 persen. “Juli-Agustus ada liburan summertime, kemudian di akhir tahun ada new year eve, dan ketika low season biasanya kuat di MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition),” katanya dalam weekly brief, Senin (26/6).

Oleh karena itu, peluang penyelenggaraan konser juga harus dioptimalkan dan mengatasi praktik percaloan yang merugikan konsumen, bisa jadi faktor yang membuat para musisi urung tampil di Indonesia. Bahkan, kasus penipuan sempat ditemukan pada pembelian tiket konser Coldplay, dengan modus jasa titip.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan atau Event, Vincent Jemadu,mengatakan masalah percaloan jadi tanggung jawab pihak regulator dan Kemenparekraf. “Untuk melakukan upaya memerangi praktik calo tiket konser di Indonesia,” katanya.

Berikut ini adalah tiga strategi yang menjadi upaya pemerintah, termasuk Kemenparekraf, dalam memerangi praktik percaloan tiket konser di Indonesia.

Penegakan hukum

ilustrasi hukum
ilustrasi hukum (unsplash.com/Tingey Injury Law Firm)

Dalam melakukan penegakan hukum, Kemenparekraf bekerja sama dengan aparat penegak hukum untuk mengatasi praktik pencaloan tiket konser. “Dengan menindak tegas para pelaku calo tiket, dan memberikan sanksi yang sesuai,” ujar Vincent.

langkah ini diharapkan dapat meingkatkan kepercayaan para musisi mancanegara yang ingin mengadakan konser di Indonesia. Dengan demikian, para musisi  akan yakin bahwa Indonesia serius memerangi praktik percaloan yang merugikan penyelenggaraan berbagai event internasional di Indonesia.

“Dalam konteks ini, kami bersama promotor, memberikan informasi yang betul-betul jelas dan presisi kepada pihak penegak hukum, terutama kepolisian, sehingga mereka bisa mendapatkan informasi yang tepat tentang penjualan tiket konser-konser yang akan diadakan di Indonesia ini,” ujar Vincent.

Transparansi dan akuntabilitas

tiket konser termahal di dunia
ilustrasi tiket konser termahal di dunia (instagram.com/maroon5)

Related Topics