NEWS

Pengertian Hilirisasi dan Manfaatnya Bagi Indonesia

Meningkatkan pendapatan negara dan taraf hidup masyarakat.

Pengertian Hilirisasi dan Manfaatnya Bagi IndonesiaPembangunan proyek hilirisasi batu bara jadi Dimetil Eter (DME) di Muara Enim, Sumatra Selatan, diperkirakan mendatangkan investasi. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
14 January 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Hilirisasi adalah program yang dianggap mampu memberikan nilai tambah bagi Indonesia, dan juga meningkatkan penerimaan negara serta lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Istilah ini kerap digaungkan oleh Presiden Joko Widodo dalam beberapa kesempatan.

Selain itu, baru-baru ini istilah hilirisasi juga sempat ramai diperbincangkan setelah debat capres-cawapres 2024.

Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan hilirisasi, dan apa saja manfaatnya bagi Indonesia? Fortune Indonesia telah membahasnya untuk Anda berikut ini.

Apa itu hilirisasi?

smelter feronikel Antam. (Dok. PLN)

Laman palmoilina.asia, menuliskan bahwa proses hilirisasi atau disebut downstreaming, adalah tahapan pengolahan produk bahan mentah atau menjadi barang yang lebih bernilai dan siap untuk dijual kepada konsumen akhir.

Hal ini terjadi setelah tahap produksi di pabrik atau tempat pengolahan lainnya dengan melibatkan tahapan pemrosesan, pengemasan, distribusi, serta penjualan produk.

Dengan demikian, hilirisasi bisa diartikan sebagai proses pengolahan produk dari bahan mentah, menjadi barang jadi atau setengah jadi, hingga siap dijual kepada konsumen.

Proses ini akan mengolah produk menjadi lebih bernilai, harga jual produk dapat meningkat sehingga memberikan keuntungan lebih besar bagi produsen. Selain itu, proses tersebut juga dapat menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di suatu daerah.

Meski demikian, untuk mendorong hal ini dibutuhkan investasi besar dan kajian mendalam. Infrastruktur serta kualitas sumber daya manusia juga menjadi faktor lain yang perlu disiapkan sebelum memulai hilirisasi.

Selain itu, kebijakan pemerintah yang tertuang dalam berbagai regulasi juga harus diperjelas dan tegas penerapannya.

Contoh hilirisasi

Presiden Joko Widodo Mengapresiasi pengembangan UMKM di Maluku Utara (presidenri.go.id)

Related Topics